Brooklyn Nets Bekuk LA Lakers di Barclays Center

Oleh Yus Mei Sawitri pada 15 Des 2016, 13:00 WIB
Diperbarui 15 Des 2016, 13:00 WIB
LA Lakers Vs Brooklyn Nets
Brooklyn Nets tampil dengan pertahanan solid saat menundukkan LA Lakers 107-97 pada laga NBA musim reguler 2016-2017, di Barclays Center, Rabu (14/12/2016) waktu setempat. (Bola.com/Twitter/Brooklyn Nets)

Bola.com, Brooklyn - Brooklyn Nets tampil dengan pertahanan solid saat menundukkan LA Lakers 107-97 pada laga NBA musim reguler 2016-2017 di Barclays Center, Rabu (14/12/2016) waktu setempat atau Kamis (15/12/2016) WIB.

Nets masih tertinggal 91-92 saat pertandingan tersisa 7 menit 42 detik. Setelah itu, pertahanan solid Nets membuat Lakers tak berkutik dan hanya bisa menambah lima poin hingga pertandingan brrakhir. Di sisi lain, Nets jitu dalam melakukan tembakan, dengan tingkat keberhasilan mencapai 52,4 persen pada kuarter keempat.  

"Pada akhirnya semua tergantung pertahanan. Kami tahu harus menghentikan mereka dan mengurangi melanggar mereka dan melakukan rebound lebih banyak," kata pemain Nets, Brook Lopez, yang menyudahi pertandingan dengan 20 poin dan tujuh rebound, seperti dilansir NBA.com

Nets mengungguli Lakers dalam jumlah rebound, yaitu 17-7 pada kuarter keempat atau 61-49 di sepanjang laga. Torehan 61 rebound ini merupakan rekor tertinggi musim ini bagi Nets. Sebanyak 18 rebound di antaranya disumbangkan Trevor Booker yang merupakan rekor tertinggi untuk pemain Nets pada NBA musim ini. 

"Jika kami ingin melangkah, kami juga perlu memperkuat pertahanan. Pada akhirnya, kami melakukan rebound lebih baik dan kami harus lebih kuat secara fisik," kata pelatih Nets, Kenny Atkinson. 

Bojan Bogdanovic (23 poin), Sean Kilpatrick (22 poin), dan Lopez memimpin sektor serang Nets pada pertandingan ini, sedangkan Joe Harris (11 poin) dan Isaiah Whitehead (delapan poin) berkontribusi penting pada kuarter keempat. Kontribusi Harris menjadi katalis dalam lini pertahanan Nets, sedangkan Whitehead menyumbangkan enam poin dan dua assist sebelum kena fouled out.

"Kami berdebat apakah menggantinya atau tidak (Harris). Kami merasa membutuhkan permainan kompetitifnya, pertahanannya, dan keputusan yang menguntungkan bagi kami," kata Atkinson.  

Lou Williams memimpin LA Lakers dengan torehan 16 poin meskipun turun dari bangku cadangan. Tapi, tak ada pemain starter Lakers yang menyumbangkan lebih dari 14 poin.  

Selain menunjukkan pertahanan solid pada kuarter keempat, barisan belakang Nets juga gemilang pada kuarter kedua. Nets membuat Lakers hanya menyumbang 13 poin, alias cuma 4 dari 19 tembakan yang menghasilkan poin. Nets pun unggul 52-43 saat halftime. Tapi, Lakers bangkit pada kuarter ketiga dan kembali unggul memasuki kuarter keempat. 

"Kami hanya perlu tetap bersama dan tetap menjaga konsentrasi serta fokus kami. Banyak sekali fase naik dan turun. Kami tak berada dalam kondisi terbaik di sepanjang laga," ujar pemain Nets, Lopez. 

Setelah mengalahkan LA Lakers, Nets bakal menjalani tiga pertandingan tandang, diawali pada Jumat (16/12/2016) waktu setempat, di kandang Orlando Magic.