Sukses


Bintang NBA LaMarcus Aldridge Alami Gangguan Jantung

Bola.com, San Antonio - Forward San Antonio Spurs, LaMarcus Aldridge, akan absen dari kompetisi NBA hingga batas waktu yang tak ditentukan karena mengalami gangguan jantung.

Pelatih Spurs Gregg Popovich mengatakan Aldridge mengeluh merasa ada yang aneh pada dadanya ketika Spurs kalah 102-112 dari Oklahoma City Thunder, Kamis (9/3/2017).

Setelah dilakukan pemeriksaan medis, tim dokter Spurs mendiagnosis Aldridge mengalami aritmia atau gejala irama detak jantung tak normal.

"Ketika seseorang berbicara soal sakit jantung, Anda pasti akan langsung berpikir soal pengobatan jangka panjang dan itu agak menakutkan. Namun, untuk kasus Aldridge kami belum sampai level itu. Tim dokter masih akan melakukan tes hingga Senin (13/3/2017). Setelah hasil tes itu keluar, kami baru bisa mengetahui langkah apa yang harus diambil. Saat ini, semua masih belum jelas," kata Popovich seperti dikutip dari NBA.com, Minggu (12/3/2017).

Aldridge memang memiliki riwayat penyakit jantung. Pemain yang sudah lima kali terpilih masuk All-Star itu pernah didiagnosis mengalami sindrom Wolff-Parkinson-White, yaitu kelainan yang bisa menyebabkan jantung berdetak sangat cepat, saat masih berstatus sebagai rookie pada 2007.

Aldridge sempat absen dalam tujuh laga terakhir pada musim debutnya di NBA setelah menjalani ablasi atau tindakan operasi yang bertujuan membuat detak jantung kembali normal.

Aldridge kembali menjalani ablasi di sela-sela pemusatan latihan musim 2011 bersama Portland Trail Blazers, tapi bisa kembali bermain pada pramusim dan bahkan terpilih masuk All-Star.

Spurs sudah mengetahui riwayat penyakit jantung Aldridge saat akan mengontraknya sebagai free agent pada 2015. Namun, Spurs tetap mengikat Aldridge dengan kontrak maksimum karena selama ini dia selalu bisa kembali bermain setelah menjalani tindakan medis.

"Semua pihak sepakat langkah terbaik pada saat ini adalah tak memainkan Aldridge sampai seluruh tes dan pemeriksaan medis rampung," sebut pernyataan resmi Spurs.

"Kabar ini benar-benar mengejutkan kami. Namun, ini masalah yang sensitif. Kami hanya ingin memastikan Aldridge baik-baik saja. Hal terpenting untuk saat ini adalah kesehatannya. Kami akan menunggu sampai dia merasa yakin sudah benar-benar sehat," ujar guard Spurs, Manu Ginobili.

LaMarcus Aldridge mencatat rata-rata 17,3 poin dan 7,4 rebound pada musim reguler NBA 2016/2017. Sebelum Aldridge, San Antonio Spurs sudah kehilangan Kawhi Leonard (cedera kepala), Tony Parker (cedera punggung), dan Dejounte Murray (cedera pangkal paha).

Video Populer

Foto Populer