Sukses


Mavericks Vs Clippers: Putus Tren Negatif

Bola.com, Jakarta - Los Angeles Clippers akan menjamu rival Wilayah Barat Dallas Mavericks dalam lanjutan musim reguler NBA 2017-2018 di Staples Center, Los Angeles, Rabu (1/11/2017) atau Kamis (2/11/2017) WIB. Kedua tim mengusung misi yang sama pada laga ini, yaitu ingin memutus tren negatif.

Clippers tak pernah menang dalam dua pertandingan terakhir. Padahal, tim besutan Doc Rivers itu mencatat rekor sempurna pada empat gim awal musim ini.

Ketika Clippers kalah 87-95 dari Detroit Pistons, Sabtu (28/10/2017), Rivers mengatakan pemainnya kelelahan. Seluruh starter Clippers kehabisan energi setelah bermain selama 34 menit atau lebih saat menang tipis 104-103 atas tuan rumah Portland Trail Blazers dua hari sebelumnya.

Namun, Rivers tak bisa menemukan alasan yang masuk akal di balik kekalahan telak Clippers dari Golden State Warriors 113-141 di kandang sendiri, Senin (30/11/2017). Performa defense dan offense Clippers sangat buruk saat menjamu sang juara bertahan.

Jeleknya pertahanan Clippers tergambar dari persentase tembakan masuk Warriors yang mencapai 58 persen. Di sisi lain, bintang Clippers Blake Griffin tak produktif. Dia hanya mampu mencetak 16 poin dan cuma 10 kali melepaskan tembakan.

Warriors mematikan Griffin dengan strategi double-team. Setelah Griffin mati kutu, Warriors bisa leluasa mengacak-acak pertahanan Clippers dengan transisi kilat.

"Mereka langsung melakukan double-team saat saya baru memegang bola. Strategi itu mereka jalankan secara konsisten sepanjang laga," kata Griffin seperti dikutip dari Yahoo Sports, Rabu (1/11/2017).

Rivers telah membaca kelemahan timnya. Dia pun memerintahkan anak-anak asuhnya agar bermain lebih agresif saat menghadapi Mavericks. Rivers secara khusus juga meminta Griffin tak ragu melepaskan tembakan jika lawan kembali menerapkan strategi double-team.

Rivers meminta para pemain Clippers tampil agresif saat menjamu Mavericks karena sang lawan berada di ranking 28 dari 30 tim dalam rebound dan mencatat total 56 turnover pada tiga gim terakhir. Artinya, Mavericks kurang nyaman saat ditekan lawan.

"Kami harus melakukan evaluasi secara menyeluruh. Masalah turnover membuat kami sangat menderita. Kami juga harus memperbaiki rebound. Semua area harus ditingkatkan agar kami punya peluang menang," kata pelatih kepala Mavericks, Rick Carlisle.

Mavericks merupakan tim dengan rekor terburuk di NBA pada saat ini, yaitu 1-7. Mereka selalu kalah pada tiga gim terakhir dan terbenam di dasar klasemen sementara Wilayah Barat.

Situasi Mavericks diperparah dengan absennya sang pemain andalan Seth Curry. Mavericks belum bisa memainkan Curry yang masih mengalami cedera kaki. Rookie Dennis Smith Jr. yang diharapkan bisa mengisi peran Curry ternyata tak kuat menanggung tanggung jawab besar itu.

"Kami bermain melawan tim dengan defense yang sangat kuat seperti Warriors, Grizzlies, dan Jazz. Saya mungkin kaget karena belum pernah menghadapi pertahanan setangguh itu sebelumnya. Namun, saya akan terus bermain agresif dan mencoba mengontrol tempo permainan. Saya tak akan membiarkan lawan memaksa kami melakukan turnover," ujar Smith.

Siapa yang bakal unggul dan kembali ke jalur kemenangan? Saksikan laga seru Dallas Mavericks kontra Los Angeles Clippers lewat live streaming di vidio.com melalui tautan ini mulai pukul 09.30 WIB.

 

2 dari 2 halaman

Prakiraan Starter

Dallas Mavericks: Dennis Smith Jr., Wesley Matthews, Dirk Nowitzki, Harrison Barnes, Nerlens Noel

LA Clippers: Patrick Beverley, Austin Rivers, Blake Griffin, Danilo Gallinari, DeAndre Jordan

Video Populer

Foto Populer