16 Anak Terpilih Jadi Pemain Jr NBA Indonesia All-Star 2018

Oleh Yus Mei Sawitri pada 29 Jul 2018, 19:12 WIB
Diperbarui 29 Jul 2018, 19:12 WIB
NBA Junior 2018
Para peserta NBA Junior tampak bahagia saat pengumuman 16 pemain yang menjadi Jr NBA Indonesia All-Star 2018 di Pluit Village Mall, Minggu (29/7/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 16 anak terpilih sebagai Jr NBA Indonesia All-Star 2018 yang merupakan puncak acara National Training Camp di Pluit Village Mall, Jakarta Utara, Minggu (29/7/2018). Acara puncak tersebut dihadiri pemain NBA yang memperkuat Boston Celtics, Jaylen Brown. 

Pemain yang terpilih tersebut terdiri atas delapan putra dan delapan putri. Mereka akan merasakan pengalaman unik NBA di luar negeri bersama dengan JR NBA All-Star dari negara lain di Asia Tenggara di Shanghai, China, pada Oktober 2018.  

Salah seorang anak yang terpilih sebagai Jr NBA Indonesia All-Star, Harsha Yudhistira Abuthana, mengaku tak menyangka dan senang sekali dengan keberhasilan menjadi satu dari 16 pemain yang beruntung. Dia merasa perjuangannya selama dua tahun terakhir tak sia-sia. 

"Dua tahun lalu saya pernah ikut acara ini, tapi tidak terpilih. Saya berusaha lagi, dengan berlatih luar biasa. Latihan terus menerus, baik skill maupun fisik. Latihan paling penting. Saya senang luar biasa akhirnya terpilih," kata Harsha, yang mengaku mulai berlatih basket sejak duduk di kelas dua sekolah dasar, kepada Bola.com, setelah acara. 

Para peserta NBA Junior tampak bahagia saat pengumuman 16 pemain yang menjadi Jr NBA Indonesia All-Star 2018 di Pluit Village Mall, Minggu (29/7/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bersama 15 anak lainnya dia akan terbang ke Shanghai, China, untuk bertemu Jr NBA dari negara Asia Tenggara lainnya. Mereka juga bisa menyaksikan NBA Global Games 2018 antara Dallas Mavericks melawan Philadelphia 76ers.  

"Saya akan menikmati pengalaman di Shanghai, bertemu pemain dari negara lain. Pokoknya bekerja keras dan enjoy," kata dia. 

Sebelum pengumuman pemain yang terpilih dalam Jr NBA Indonesia All Star, para peserta National Training Camp Jr NBA Indonesia tersebut berkesempatan berinteraksi dengan Jaylen Brown. Beberapa anak mendapat kesempatan untuk bertanya kepada shooting guard Boston Celtics tersebut. 

Pemain yang memperkuat Boston sejak 2016 juga sempat menbangi tips dan trik bermain basket yang bagus. Dia juga sempat memberikan pertanyaan sekaligus hadiah untuk para peserta National Training Camp. 

Kegiatan Jr NBA Indonesia 2018 dimulai dengan Regional Selection Camp yang berlangsung di Cilandak Sport Center pada 22 Juli. 

Setelah itu, sebanyak 60 pebasket muda berbakat terpilih mendapatkan tiket National Training Camp Jr NBA Indonesia. Selanjutnya, mereka diseleksi lagi hingga terpilih sebanyak 16 pemain. 

Selain dihadiri Jaylen Brown, acara puncak acara National Training Camp juga dihadiri NBA Asia Managing Director Scott Levy; Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewobroto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKi Jakarta Sandiaga Uno, dan Presiden Director Emtek sekaligus Member of Counsel NBA Asia Alvin W. Sariaatmadja.