Sukses


Cerita dari Jr NBA Indonesia, Impian Bela Timnas hingga Berkiprah di AS

Bola.com, Jakarta - Raut wajah bahagia dan senyum lebar menghiasi wajah delapan pemain putra dan delapan pemain putri yang terpilih sebagai Jr NBA Indonesia All-Star 2018, di Pluit Village Mall, Jakarta Utara, Minggu (29/7/2018). 

Mereka akan merasakan pengalaman unik NBA di luar negeri bersama dengan Jr NBA All-Star dari negara lain di Asia Tenggara di Shanghai, China, pada Oktober 2018. 

Kebahagiaan 16 pemain muda tersebut bisa dimaklumi. Tak mudah mendapatkan tiket tersebut. Kegiatan Jr NBA Indonesia 2018 dimulai dengan Regional Selection Camp yang berlangsung di Cilandak Sport Center pada 22 Juli, yang diikuti 2.000 anak.  

Setelah itu, sebanyak 60 pebasket muda berbakat terpilih mendapatkan tiket National Training Camp Jr NBA Indonesia. Selanjutnya, mereka diseleksi lagi hingga terpilih sebanyak 16 pemain. 

Para peserta NBA Junior tampak bahagia saat pengumuman 16 pemain yang menjadi Jr NBA Indonesia All-Star 2018 di Pluit Village Mall, Minggu (29/7/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Saya awalnya tidak menyangka. Sudah hopeless, tapi tiba-tiba dipanggil. Saya kaget, terus melihat ke arah Mama," kata salah seorang peserta yang terpilih sebagai Jr NBA Indonesia All-Star 2018, Balqis Almira Firdausi. 

Balqis mengaku menggeluti basket sejak masih duduk di kelas IV sekolah dasar atau sekitar lima tahun lalu. Sang ayah yang mendorongnya menggeluti olahraga yang populer di Amerika Serikat tersebut.

"Ayah mendorong saya ikut basket, tapi saya memang suka. Jadinya klop. Jadi, pertama latihan sama ayah, setelah itu masuk klub," kata pengidola bintang Boston Celtics, Kyrie Irving, tersebut.

Dia mengaku pernah ikut Jr NBA Indonesia tapi karena belum mengerti, akhirnya langsung pulang setelah selesai sesi awal. Kali ini, dia sudah benar-benar paham dan berusaha keras, sehingga akhirnya berhasil.  

Saat ditanya mimpi terbesarnya setelah berhasil masuk  Jr NBA Indonesia All-Star 2018, Balqis menjawab dengan tegas. "Saya pingin banget masuk tim nasional," ujar Balqis. 

 

 

2 dari 2 halaman

Impian Bermain di NBA

Kegembiraan meluap-luap juga dirasakan Harsha Yudhistira Abuthana. Dia menjadi satu dari delapan pemain putra yang memperoleh tiket masuk Jr NBA Indonesia All-Star 2018. 

"Luar biasa senang rasanya. Dua tahun lalu ikut, tapi tidak terpilih. Sekarang berusaha lagi dan terpilih," kata Harsha. 

Pemain muda yang kini duduk di kelas IX tersebut mengaku suka basket dari kecil. Dia sangat mengidolakan bintang NBA yang baru saja pindah dari Cleveland Cavaliers ke Los Angeles Lakers, LeBron James. 

Menurut Harsha, LeBron James merupakan Dewa di NBA. Alasan itulah yang membuatnya sangat mengidolakan James. "Sekarang saya mendukung LA Lakers karena LeBron juga di sana," kata Brown. 

Jika Balqis punya mimpi besar memperkuat timnas baket Indonesia, Harsha punya impian yang sedikit berbeda. Dia mengaku ingin berkiprah di Amerika Serikat.  

"Saya ingin menjadi pemain NBA. Ingin menjadi pemain pertama asal Indonesia yang tampil di NBA. Pokoknya saya akan bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita tersebut," tegas dia. 

 

Video Populer

Foto Populer