3 Taktik yang Dibutuhkan Warriors untuk Membungkam Raptors di NBA Finals 2019

Oleh Harley.Ikhsan pada 31 Mei 2019, 04:05 WIB
Golden State Warriors, Houston Rockets, NBA

Golden State - Golden State Warriors mengusung misi ambisius saat melawa Toronto Raptors pada NBA Finals 2019. Mereka ingin menjadi tim keempat yang mengemban status three peat atau menjadi juara NBA tiga musim beruntun.

Warriors menjadi juara NBA 2017 dan 2018 dengan mengalahkan Cleveland Cavaliers. Kini, Warriors berkesempatan mengikuti jejak Boston Celtics, Los Angeles Lakers, dan Chicago Bulls.

Stephen Curry dan kawan-kawan melakoni laga pertama melawan Raptors dalam best of seven series di Scotiabank Arena, Kamis (30/5/2019) atau Jumat pagi WIB.

Bukan tugas bagi Warriors untuk meraih kemenangan. Terlebih mereka tidak bakal diperkuat bintang Kevin Durant pada partai-partai awal.

Omnisport mencatat ada tiga kunci kesuksesan Warriors untuk menaklukkan Raptors pada NBA Finals musim ini. Berikut deskripsinya:

2 of 4

Meredam Kawhi Leonard

Toronto Raptors merebut gim pertama semifinal WIlayah Timur NBA melawan Sixers.
Kawhi Leonard. (AP)

Leonard merupakan pemain tersubur pada play-off NBA musim ini. Dia sudah mencetak 561 poin. Sebagai perbandingan, pemain paling produktif Warriors yakni Curry baru membukukan 437 angka.

Tidak hanya itu, Leonard juga membukukan 159 rebound di playoff, tertinggi ketiga pada musim ini. Alhasil, jika mau menghentikan Raptors, tugas pertama Warriors adalah menemukan cara menghentikan pemain berusia 27 tahun itu.

Suatu misi yang gagal dilakukan Orlando Magic, Philadelphia 76ers, dan Milwaukee Bucks.

3 of 4

Konsisten Mencetak 3 Angka

Klay Thompson
Salah satu andalan Warriors dalam mencetak tembakan tiga angka, Klay Thompson (kiri). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Warriors masih berstatus tim terbaik dalam mengoptimalkan tembakan tiga angka. Rasio kesuksesan mereka adalah 37 persen.

Meski begitu, tembakan jarak jauh pasukan Steve Kerr kadang kurang konsisten. Terbukti, tiga dari empat kekalahan pada play-off musim ini diderita ketika rasio tiga angka mereka lebih rendah ketimbang lawan.

Untuk membungkam Raptors, Warriors mesti menjaga performa tembakan tiga angka. Repotnya, Raptors terkenal piawai meredam usaha lawan dari jarak jauh. Mereka tercatat sukses memaksa lawan hanya membukukan rata-rata 31,3 persen dalam tembakan tiga angka.

4 of 4

Kontribusi Pemain Cadangan

Selebrasi Pemain Toronto Raptors Serge Ibaka
Serge Ibaka. (AP)

Komposisi skuat Warriors berkurang menyusul cedera Durant dan DeMarcus Cousins. Kondisi ini bisa jadi masalah karena mereka tidak mungkin selalu mengandalkan pemain utama.

Di sisi lain, performa pemain cadangan Raptors yakni Fred VanVleet, Serge Ibaka, dan Norman Powell tengah meningkat. Jika ketiganya mempertahankan kinerja, Warriors bisa mengalami masalah besar.

Lanjutkan Membaca ↓