Indonesia dan Filipina Berkibar di Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr NBA

Oleh Thomas pada 16 Jun 2019, 21:35 WIB
Para pemain yang lolos ke Kejuaraan Dunia Jr NBA

Jakarta - Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah edisi pertama Kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr NBA. Kesempatan ini tidak disia-siakan. Indonesia menguasai di sektor putri. Ada dua wakil Indonesia yang lolos dari sektor putri.

Kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr NBA digelar 15-16 Juni 2019 di Universitas Pelita Harapan. Diikuti 34 pemain putra dan 34 putri dari 10 negara Asia Pasific (Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Vietnam).  

Indonesia mengirimkan lima wakil di sektor putra dan lima wakil di putri. Hasilnya sangat membanggakan. Indonesia menjadi negara yang berhasil meloloskan wakil putri terbanyak, dua. Negara-negara lain hanya meloloskan satu wakil di kategori putri.

Dua pebasket putri Indonesia yang lolos ke Kejuaraan Dunia Jr NBA adalah Angelica Jenifer Candra dan Vanissa Renata Siregar.

Hanya 10 atlet putra dan 10 atlet putri dari Kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr NBA untuk wilayah Asia Pasifik yang dipilih berlaga di Kejuaraan Dunia Jr NBA di ESPN Wide World of Sports Complex, Walt Disney World dekat Orlando, Florida, pada 6-11 Agustus.

Sayangnya di sektor putra, Indonesia tak kuasa membendung dominasi wakil Filipina. Total tiga pemain Filipina akan berangkat ke Amerika. Indonesia meloloskan satu pemain saja yakni Brian Leonard.

Ajang Jr NBA sudah ada di Indonesia dan Asia Pasifik sejak 2014. Namun perubahan drastis terjadi pada 2019. Biasanya peserta yang terpilih sebagai All-Star hanya akan berangkat ke China menyaksikan NBA Global Games.

Sumber: Liputan6.com

 

2 of 2

Terobosan Baru

Pada 2019, peserta bisa ikut berlaga di Kejuaraan Dunia Jr NBA di Amerika Serikat.

"Secara keseluruhan ini tahun kedua Kejuaraan Dunia Jr NBA. Di tahun kedua ini Asia Pasifik juga akan ikut berpartisipasi. Oleh karena itu kamu mengadakan Kamp penyisihan ini di Indonesia. Antusiasme disini luar biasa. Kami juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan kementerian olahraga," ujar Jim Wong, NBA Asia Associate Vice President of Global Partnerships.

Di Kejuaraan Dunia Jr NBA, peserta dari Asia Pasifik akan bersaing dengan delapan tim Amerika Serikat serta tim dari Afrika, Kanada, China, Eropa dan Timur Tengah, India, Amerika Latin serta Meksiko. Semua biaya perjalanan akan ditanggung NBA.

Lanjutkan Membaca ↓