Petinggi Alibaba Segera Jadi Pemilik Klub NBA Brooklyn Nets

Oleh Thomas pada 17 Agu 2019, 13:15 WIB
Vice Chairman Alibaba Group Joe Tsai mengaku terkejut dengan perkembangan pesat pelaku usaha digital di Indonesia. (Maulandy/Liputan6.com)

Jakarta - Klub NBA, Brooklyn Nets, akan segera menjadi salah satu petinggi Alibaba Grup, Joe Tsai. Dia kemungkinan akan merampungkan proses tersebut pada September 2019. 

Tsai sudah memiliki 49 persen saham Nets. Dia membelinya pada 2018 lalu dari konglomerat Rusia, Mikhail Prokhorov. Tsai memiliki opsi menjadi pemilik pengendali klub NBA tersebut pada 2021.

Menurut laporan AP, Tsai akan mempercepat menjadi pemilik penuh Nets. Dia sudah setuju untuk membeli sisa 51 persen Nets dan kandang tim Barclays Center dengan biaya senilai 3,4 miliar dolar Amerika Serikat (Rp48,3 triliun).

Sisa saham 51 persen Nets akan dibayarkan Tsai senilai 2,34 miliar dolar (Rp23,4 triliun). Sedangkan Barclays Center senilai hampir satu miliar. Transaksi ini akan dipisah.

Perjanjian masih belum rampung sepenuhnya. Namun, diperkirakan akan rampung akhir September setelah mendapat persetujuan dari NBA. Jika semuanya lancar, dia bakal memecahkan rekor pembelian sebuah franchise olahraga di Amerika Serikat.

 

2 of 2

Rekor

Tsai membeli Nets tak lama setelah klub berhasil mendapatkan dua superstar NBA Kevin Durant dan Kyrie Irving pada Juli lalu.

Jika transaksi rampung, pembelian Nets ini menjadi rekor termahal untuk sebuah klub olahraga di Amerika Serikat. Rekor sebelumnya adalah 2,2 miliar dolar saat Tilman Fertitta membeli Houston Rockets.

Tsai merupakan wakil pemimpin Alibaba Grup. Dia juga sudah memiliki klub WNBA New York Liberty.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Thomas/Editor Achmad Yani Yustiawan, published: 17/8/2019)

 

Lanjutkan Membaca ↓