Sukses


5 Rekor Kobe Bryant di NBA yang Sulit Dipecahkan pada Era Modern

Bola.com, Jakarta - Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (27/1/2020) dini hari waktu setempat. Legenda NBA dan Los Angeles Lakers itu mencatatkan rekor tak biasa sepanjang kariernya sebagai atlet NBA.

Pria berjuluk The Black Mamba itu mengalami kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat. Menurut laporan Los Angles Times, helikoper yang ditumpangi Bryant yakni Sikorsky S-76, terjatuh dan terbakar di dekat Las Virgenes Road yakni sebuah kawasan Agoura Road bagian selatan.

Selain Kobe Bryant, helikopter nahas itu juga ditumpangi delapan orang lainnya, termasuk sang putri yang masih berusia 13 tahun, Gianna Bryant.

Kepergian bintang La Lakers tersebut mengejutkan hampir seluruh atlet dunia dari berbagai cabang. Mulai dari bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo, sampai pada rider kawakan MotoGP, Valentino Rossi, turut mengucapkan belasungkawa.

Bahkan, LeBron James, menjadi sosok yang dikabarkan paling terpukul atas kepergian Bryant. Small forward LA Lakers itu tertangkap kamera menangisi wafatnya Kobe.

Wajar jika dunia begitu terguncang dengan mangkatnya salah satu bintang paling bersinar di LA Lakers tersebut. Kobe Bryant tampil menakjubkan sepanjang 20 musim di NBA. Ia bahkan mencatatkan sederet rekor yang sulit dipecahkan.

Bola.com telah merangkum setidaknya lima rekor Kobe Bryant yang sulit dipecahkan di era modern.

2 dari 6 halaman

1. Debut di Usia Muda

Kobe Bryant baru berusia 18 tahun dan 158 hari ketika menjalani debutnya di NBA pada tahun 1997 lalu. Saat itu Kobe turut membawa LA Lakers menang dengan skor 102-83 atas Dallas Maverick dengan mencetak 12 poin.

Kobe Bryant juga menjadi pemain termuda yang tampil di All Star Games pada tahun 1998. Saat itu, Kobe yang masih berusia 19 tahun dan 170 hari mendapat kehormatan satu lapangan dengan sejumlah bintang NBA yakni Shaquille O'Neal, Gary Payton, dan Tim Duncan.

Atas prestasinya itu, Kobe Bryant menjadi langganan pemenang penghargaan NBA Most Valuable Player Award yakni Most Valuable Player (MVP) Final NBA (2009, 2010), MVP NBA (2008), serta 18 kali masuk NBA All Star (1998, 2000-2016), dan 4 kali MVP NBA All Star (2002, 2007, 2009, 2011).

3 dari 6 halaman

2. Waktu Bermain Terbanyak

Kobe Bryant menjadi pemain NBA yang berhasil mencatatkan waktu bermain terbanyak. Kobe telah berkarier selama 20 musim di LA Lakers dan mengantongi 48.637 menit bermain.

Torehan waktu tersebut masih menjadi menit bermain terbanyak dalam sejarah NBA. Bahkan, legenda NBA asal Amerika Serikat, Kareem Abdul-Jabbar, hanya mencatatkan 37.492 menit selama 14 tahun berkarier di NBA.

Black Mamba juga menorehkan catatan gemilang sepanjang kariernya di LA Lakers. Ia membuat 33.643 poin dengan 8.378 lemparan bebas dan 4.010 turnover. Angka yang luar biasa dan bakal sulit ditandingi atlet NBA lainnya di era ini.

4 dari 6 halaman

3. Catatan Pemain Muda dengan Poin Sempurna

Bryant menjadi pemain termuda yang berhasil mencatatkan 33.000 poin untuk timnya. Catatan itu ditorehkan Kobe kala usianya telah menginjak 37 tahun.

Sampai saat ini catatan tersebut belum tertandingi. Namun belum tertandingi bukan berarti tidak akan dipecahkan. Pemain Phoenix Sun, Devin Booker, atau Luka Doncic yang bermain untuk Dallas Maverics bisa memecah rekor Kobe tersebut mengingat usia keduanya masih 20 tahunan.

Meski demikian, dua pemain NBA itu harus bekerja ekstra keras untuk bisa menyamai rekor seniornya itu. Meski sulit tapi tidak ada yang tidak mungkin bukan?

5 dari 6 halaman

4. Ribuan Usaha Lemparan Tiga Angka

Tak dipungkiri, Kobe Bryant kerap menjadi penyelamat LA Lakers di detik-detik akhir pertandingan alias clutch shot. Penyelamatan yang dilakukan sebagian besar datang melalui 3 point field goal atau lemparan tiga angka.

Berbicara soal 3 point fielad goal, Kobe juga mencatatatkan torehan yang luar biasa. Ia melakukan 5.546 usaha 3 point field goal sepanjang kariernya.

Usaha tersebut bahkan jauh mengungguli Derek Fisher yang hanya mencatatkan 2.255 lemparan tiga angka sepanjang karier NBA nya.

6 dari 6 halaman

5. Rekor Pemain Tertua

Kobe Bryant resmi pensiun dari dunia basket pada tahun 2016 lalu. Bryant menjalani laga terakhirnya bersama LA Lakers kontra Jazz pada 2016.

Menariknya, Kobe masih sempat mencetak rekor pada pertandingan itu. Kobe berhasil mencetak 60 poin kala melawan Jazz.

Itu berarti, Kobe Bryant menjadi pemain tertua dalam sejarah yang berhasil mencetak skor itu dalam satu pertandingan. Saat itu, Kobe Bryant telah berusia 38 tahun.

Video Populer

Foto Populer