NBA Disetop, Ini Dugaan Sementara Penyebab Rudy Gobert Terpapar Virus Corona

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 12 Mar 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 12 Mar 2020, 17:15 WIB
Semifinal Wilayah Barat NBA 2017
Aksi dunk Rudy Gobert pebasket Utah Jazz (bawah) tak bisa dihadang oleh Draymond Green dari Golden State Warriors. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Bola.com, Jakarta - NBA musim 2019-2020 terpaksa diberhentikan setelah pebasket Utah Jazz, Rudy Gobert, terdeteksi mengidap virus Corona pada Rabu (12/3/2020) waktu Amerika Serikat.

Rudy Gobert menjadi pebasket NBA pertama yang terpapar Covid-19. Penyakit yang menjangkiti center asal Prancis tersebut membuat rekan-rekannya di Jazz harus dikarantina selama 14 hari di Oklahoma City.

Sebelum Gobert dinyatakan positif Covid-19, ia dan Jazz tengah bersiap untuk menghadapi Oklahoma City Thunder di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma, Rabu (11/3/2020) waktu setempat.

The Athletic melaporkan, Gobert berada di kerumunan orang-orang yang baru berpergian dari Prancis sebelum terdampak virus Corona. Hanya, tidak disebutkan bagaimana proses penyakit tersebut menulari Gobert.

Lewat sumbernya, The Athletic menuliskan Gobert dalam kondisi prima untuk membela Jazz menghadapi Thunder sebelum positif mengidap virus Corona. Pebasket asal Prancis ini disebut merasa dirinya baik, kuat, dan stabil.

Pada Rabu (11/3/2020) pagi waktu setempat, Jazz memutuskan untuk menarik Gobert dan rekan setimnya, Emannuel Mudiay dari daftar pemain yang siap bertanding melawan Thunder karena gejala Covid-19 mulai terlihat.

Reportase The Athletic, Rudy Gobert sama sekali tidak menunjukkan gejala terjangkit virus Corona sampai Selasa (10/3/2020) malam waktu setempat. Dia masih berhubungan dengan rekan setimnya hingga Rabu sore waktu setempat.

2 dari 3 halaman

Detik-detik Rudy Gobert Terjangkit Virus Corona

Logo NBA
Logo NBA (Istimewa)

Menurut Jazz, hasil tes pertama pada Rabu pagi memerlihatkan Rudy Gobert negatif terinfeksi flu. Begitu pula saat pebasket berusia 27 tahun ini dites radang tenggorokan dan infeksi saluran pernafasan. Hasilnya tetap negatif.

Rangkaian pengecekan kondisi kesehatan Gobert tidak berhenti sampai di situ. Sebagai tindakan pencegahan, Jazz memutuskan untuk mengetes pemeriksaan Covid-19 terhadap Gobert.

Jazz mengatakan, masih dinukil dari The Athletic, Gobert dinyatakan positif terinfeksi virus Corona hanya beberapa saat sebelum pertandingan melawan Thunder.

Peraih dua penghargaan pemain bertahan terbaik NBA dua musim berturut-turut ini disebutkan tengah dalam perawatan intensif di Oklahoma City.

 

Sumber: The Athletic

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓