Sepatu Musim Debut Michael Jordan di NBA Terjual Rp8,2 Miliar

Oleh Hendry Wibowo pada 18 Mei 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2020, 16:00 WIB
Michael Jordan

Bola.com, Jakarta - Semua sepatu legenda NBA, Michael Jordan selalu memiliki daya tarik tersendiri. Seperti Air Jordan 1, sepatu yang digunakan Jordan pada musim debut di NBA.

Singkat cerita, sepatu tersebut dilelang melalui laman lelang daring Sotheby. Hebatnya sepatu tersebut laku dengan banderol 560 ribu dolar AS atau sekitar Rp 8,2 miliar.

Sepatu Air Jordan 1 memang telah dibubuhkan tanda tangan Michael Jordan. Namun awalnya hanya laku dikisaran haega 100-150 ribu dolar AS.

Namun mengutip dari Antara yang melansir Reuters, saat lelang berakhir Minggu (17/5/3030) waktu setempat, sepatu edisi khusus Jordan buatan 1985 itu malah mencetak rekor harga lelang baru di Sotheby.

Sotheby sendiri lebih dikenal sebagai balai lelang untuk karya seni. Namun sejak tahun lalu, Sotheby mulai menggelar lelang khusus sneaker.

Rekor harga tertinggi sebelumnya tercatat untuk sepatu lari Nike keluaran 1972 yang kesohor sebagai "Moon Shoe" dengan nilai 437,5 ribu dolar AS.

2 dari 3 halaman

Berbeda Ukuran

Mengenang Aksi Legenda NBA Kobe Bryant
Pemain Los Angeles Lakers, Kobe Bryant menjaga pemain Chicago Bulls Michael Jordan saat bertanding pada kuartal keempat NBA di United Center di Chicago pada 17 Desember 1997. Bryant telah terpilih menjadi All-Star sebanyak 18 kali. (AFP Photo/Vincent Laforte)

Air Jordan 1 yang memecahkan rekor baru itu, berbeda ukuran untuk sebelah kanan dan kirinya. Layaknya sepatu Michael Jordan lainnya, ukurannya adalah 13 (US) di kiri dan 13,5 (US) di kanan.

Lelangan tersebut berbarengan dengan peringatan 35 tahun submerek Air Jordan: yakni sepatu edisi khusus Jordan keluaran Nike, serta pemutaran serial dokumenter Jordan yang diproduksi ESPN.

Sepatu itu dititipkan dalam lelang tersebut oleh kolektor sekaligus pendiri museum sneaker Shoezeum di Las Vegas, Jordan Geller.

Sumber: Antara

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓