Jerry Sloan, Pelatih Legendaris NBA Tutup Usia

Oleh Hendry Wibowo pada 23 Mei 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 23 Mei 2020, 08:45 WIB
Jerry Sloan

Bola.com, Jakarta - Kabar duka datang dari NBA. Pelatih yang pernah membawa Utah Jazz masuk ke final NBA sebanyak dua kai, Jerry Sloan tutup usia Jumat (22/5/2020) pagi waktu setempat.

Jerry meninggal dunia pada usia 78 tahun karena komplikasi penyakit. Diketahui ia mengidap Parkinson dan Demensia.

Jerry sendiri sudah mengalami sakit sejak tahun 2016 atau lima tahun setelah tidak aktif menjadi pelatih Utah Jazz.

“Jerry Sloan akan selalu identik dengan Utah Jazz. Ia selamanya menjadi bagian dari organisasi ini dan kami bergabung dengan keluarga, kerabat, dan para penggemar dalam kesedihan atas kepergiannya,” tulis keterangan resmi Utah Jazz.

“Kami sangat bersyukur atas segala dedikasi, loyalitas, dan kegigihan yang ia tunjukkan di sini," lanjut keterangan tersebut.

2 dari 3 halaman

Final Dua Kali

Dream Team USA 1992, Karl Malone
Karl Malone. (Photo/NBA.com)

Selama melatih Utah Jazz, Jerry membawa tim lolos ke final tahun 1997 dan 1998. Sayangnya tim asuhannya yang saat itu diisi Karl Malone dan John Stockton hadir saat NBA begitu didominasi Chicago Bulls dan Michael Jordan.

Meskipun tak pernah membawa Utah Jazz ke tangga juara, Jerry tetap punya prestasi yang bisa dibanggakan. Adalah fakta dirinya pelatih olahraga profesional terlama di seluruh olahraga Amerika Serikat.

Bayangkan ia melatih Utah Jazz selama 23 tahun. Dalam kurun waktu itu, ia pernah melatih 133 pemain. Dia memimpin Utah Jazz dalam 1.809 pertandingan dengan hasil 1.127 kemenangan dan 682 kekalahan.

Sumber: NBA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓