Praveen / Debby Buat Tontowi / Liliyana Tak Lagi Jadi Tumpuan

Oleh Bola pada 15 Mar 2016, 09:15 WIB
Diperbarui 15 Mar 2016, 09:15 WIB
Praveen Jordan / Debby Susanto
Praveen Jordan / Debby Susanto menjadi tumpuan baru Indonesia pada nomor ganda campuran selain Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir. (Action Images via Reuters/Andrew Boyers)

Bola.com, Bandung - Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata, mengaku bangga dengan keberhasilan Praveen Jordan/Debby Susanto yang jadi juara nomor ganda campuran All England 2016. Menurutnya, hasil yang diraih Praveen/Debby merupakan angin segar untuk olahraga bulutangkis nasional, khususnya nomor ganda campuran.

"Keberhasilan Praveen/Debby menjadi juara All England ini jelas sangat menggembirakan, khususnya sektor campuran karena selema ini ganda campuran di Indonesia yang diandalkan itu-itu saja," ujar Christian di sela-sela acara Audisi Umum Djarum Bulutangkis, di Gedung Bikasoga, Bandung, Senin (14/3/2016).

Menurutnya, kini tak hanya mengandalkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk nomor ini. Diharapkan pula, prestasi juara India GPG 2016 tersebut bisa memotivasi pemain muda lainnya.

"Selama ini jujur saja ganda campuran selalu mengandalkan Owi dan Butet. Sekarang ada yang baru, Jadi secara psikis bagus karena jadi terbagi," jelasnya.

Christian menambahkan, keberhasilan Praveen/Debby memiliki pengaruh bagus salam pelatnas PBSI. Apalagi, pada ajang Olimpiade persaingannya akan sangat berat. "Sekarang ada dua ganda campuran yang berkibar. Saya tentunya berharap bisa lebih besar lagi," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Koh Chris ini memberikan sedikit nasehat buat Praveen / Debby agar bisa berprestasi pada ajang Olimpiade. "Harus kuat perang mental saja. Mana yang kuat, tegar, pasti itu yang menang," paparnya.