Olimpiade: Tim Indonesia Diminta Tiru Daya Juang Portugal

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 15 Jul 2016, 14:30 WIB
Diperbarui 15 Jul 2016, 14:30 WIB
Tim Bulutangkis Indonesia
Tim Bulutangkis Indonesia mendapat wejangan dari Christian Hadinata yang meminta mereka tampil seperti Portugal. (PBSI)

Bola.com, Kudus - Tim bulutangkis Indonesia yang akan tampil pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro mendapat nasihat berharga dari Christian Hadinata. Greysia Polii dkk. diminta pemain legendaris itu untuk meniru semangat tim nasional Portugal yang menjadi juara Piala Eropa 2016.

Kehadiran pria yang akrab disapa Koh Chris itu terbilang mengejutkan. Eks Kasubid Pelatnas PBSI itu tiba-tiba muncul saat para atlet tengah berlatih di GOR Djarum, Kudus, Kamis (14/7/2016). Kehadiran mantan pemain ganda putra dan ganda campuran Indonesia di era 70-an ini memang untuk menyemangati para pemain yang bakal tampil di Olimpiade Rio de Janeiro, Agustus 2016.

"Tirulah semangat tim Portugal. Walaupun sering kalah dari Prancis, tetapi mereka tetap tampil gigih. Begitu banyak yang memprediksikan Portugal akan kalah lagi. Tapi hasilnya bisa kita lihat sendiri," kata Christian seperti dikutip situs resmi PBSI, Jumat (15/7/2016).

Dia juga berharap para pemain bisa saling mendukung. Menurutnya, kebersamaan bisa menjadi senjata rahasia tim Merah Putih dalam menghadapi Olimpiade 2016

"Di training camp ini kami harapkan pemain bisa saling mendukung satu sama lain. Hanya sektor ganda campuran yang meloloskan dua wakil, sedangkan sektor lain hanya satu. Meski demikian, mereka bisa saling bahu membahu dan mendukung satu sama lain. Kebersamaan ini akan menjadi senjata yang sangat ampuh dalam menghadapi ajang sebesar Olimpiade," tutur Christian yang menjadi pelatih ganda putra Ricky Subagdja/Rexy Mainaky kala merebut emas di Olimpiade Atlanta 1996.

Tim bulutangkis Indonesia dijadwalkan bertolak ke Jakarta, hari ini. Mereka akan melanjutkan program latihan sebelum akhirnya berangkat menuju "medan perperangan".