Sukses


Medali Emas Olimpiade Rio Hampir Tak Ada Emasnya

Bola.com, Rio de Janeiro - Medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bakal berwarna kuning berkilau. Tapi, ternyata medali tersebut hampir tak mengandung emas sama sekali. 

Medali yang berbobot 500 gram ini, sebagian besar terdiri atas logam perak. Emas yang menutupi lapisan luar medali hanya memiliki bobot 6 gram, sedangkan perak ada di bagian dalam medali dengan bobot 494 gram. Medali emas tersebut saat ini ditaksir senilai 600 dolar AS (Rp 7,8 juta). 

Sementara itu, menurut direktur perusahaan pembuatan medali Olimpiade Brazilian Mint, Victor Hugo Criado Berbert, atlet yang memenangi perak akan menerima medali dengan 92,5 % perak asli.

Emas pada medali olimpiade akan disertai sertifikat dan memiliki kualitas tinggi. Medali perunggu akan dibuat dari tembaga yang biasa digunakan untuk membuat koin mata uang Brasil. Total, ada sebanyak 5.130 medali yang akan dibuat untuk Olimpiade Rio 2016. 

Medali untuk olimpiade biasanya dihiasi guratan wajah Nike, yang merupakan Dewi dalam mitologi Yunani, dengan kuil Parthenon sebagai latar belakangnya. Lambang itu sudah digunakan sejak Olimpiade Athena 2004. Tapi,  versi terbaru dari lambang untuk olimpiade kali ini menyerupai perempuan Brasil. 

"Rio de Janeiro adalah kota yang penuh lekukan gunung, sama seperti wanita Brazil," ungkap orang yang mengukir medali tersebut, Nelson Carneiro.

Olimpiade Rio akan berlangsung selama lebih dari dua pekan, pada 5-21 Agustus. Indonesia bakal diwakili 28 atlet dari enam cabang olahraga. 

Sumber: Mining.com

Video Populer

Foto Populer