Sukses


Inilah Hasil Drawing Fase Grup Bulutangkis Olimpiade Rio

Bola.com, Jakarta - Ganda putra, Mohammad Ahsan//Hendra Setiawan dan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, masuk grup berat pada babak awal pertandingan bulutangkis di Olimpiade Rio de Janeiro. Adapun empat wakil Indonesia lainnya cukup beruntung karena masuk ke grup yang relatif ringan. 

Berdasar hasil pengundian fase grup , Selasa (26/7/2016), Praveen/Debby tergabung di Grup A, bersama ganda unggulan pertama asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.  Juara All England 2016 tersebut tak bisa menghindari lawan yang berat karena tak masuk daftar unggulan. Untuk nomor ganda, hanya ada empat unggulan teratas, yang tersebar jadi empat grup. Praveen/Debby saat ini menempati peringkat lima dunia, sehingga otomatis tak masuk daftar unggulan. Dua ganda lain yang juga menghuni grup ini adalah Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah (Hong Kong, peringkat 16 dunia) dan Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman, peringkat 8).  

Ganda campuran Indonesia lainnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, bergabung ke Grup C, bersama ganda Thailand, Bodin Isara/Savitree Amitrapai (peringkat 14); pasangan Malaysia Peng Soon Chan/Liu Ying Goh (peringkat 10), dan Robin Middleton/Leanne Choo (Australia). 

Pada nomor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang diplot sebagai unggulan keempat bakal menghadapi lawan-lawan yang cukup berat di Grup D.  Grup ini bahkan dijuluki grup neraka. Mereka harus berjibaku dengan ganda peringkat kelima dunia asal Malaysia, Chai Biao/Hong Wei; Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang, peringkat delapan), dan pasangan India Manu Attri/Sumeeth Reddy (peringkat ke-21).

Pada nomor ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang menempati unggulan ketiga mendapat lawan yang relatif ringan. Mereka tergabung ke Grup C bersama Heather Oliver/Lauren Smith (Inggris, peringkat 25), Poon Lok Yan L/Tse Ying Suet (Hong Kong, peringkat 31), dan ganda Malaysia Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon (Malaysia). 

Grup B tampaknya menjadi yang terberat di nomor ganda putri. Pasangan Korea Jung Kyung-eun/Shin Seung-Chan bakal berjibaku dengan juara World Superseries Finals Luo Ying/Luo Yu, pasangan Denmark Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl, dan ganda AS, Paula Lynn Obanana/Eva Lee.

Tunggal putri Indonesia, Linda Wenifanetri, harus berjuang cukup keras di fase grup. Dia tergabung dengan salah satu favorit juara, Nozomi Okuhara dari Jepang dan pemain Vietnam, Thi Trang (peringkat 44). Okuhara jelas bukan lawan yang mudah bagi Linda. Dia harus benar-benar fokus jika ingin mencuri poin dari pemain asal Jepang tersebut. Sedangkan di atas kertas Linda seharusnya tak kesulitan menundukkan Thi Trang. 

Adapun tunggal putra Tommy Sugiarto, juga tergabung di Grup J, bersama Howard Hsu (Amerika Serikat, peringkat 62), dan Osleni Guerrero (Kuba, peringkat 60). Dengan komposisi ini, Tommy seharusnya tak mendapat kesulitan berarti untuk melaju ke babak berikutnya. Di atas kertas, kansnya sangat besar mengingat kedua rival, peringkatnya jauh di bawahnya. Saat ini Tommy menempati peringkat ke-8 dunia, tapi berhak menjadi unggulan ketujuh di Olimpiade Rio.  

Pada Olimpiade Rio, para kontestan ganda putra, ganda putri dan ganda campuran dibagi dalam empat grup dalam setiap nomor. Pada setiap grup terdapat satu unggulan.  Juara grup dan runner up sektor ganda berhak lolos ke perempat final. Jadwal pertandingan perempat final ganda akan diundi lagi. Juara dan runner up dari grup yang sama tidak akan berjumpa di babak perempat final.

Sementara itu, di sektor tunggal putra dan tunggal putri, masing-masing bakal terbagi dalam 13 grup.  Semua juara grup sektor tunggal putra/putri lolos ke babak selanjutnya. Juara grup A-P-L mendapatkan bye di babak 16 besar.

Hasil Undian Grup Wakil Indonesia: 

Ganda Campuran

Grup A

1. Zhang Nan/Zhao Yunlei (China) 

2. Praveen Jordan/Debby Susanto (Indonesoa)

3. Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah (Hong Kong)

4. Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman)

Grup C 

1. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia)

2. Bodin Isara/Savitree Amitrapai (Thailand)

3. Peng Soon Chan/Liu Ying Goh (Malaysia)

4. Robin Middleton/Leanne Choo (Australia). 

Ganda Putra 

Grup       

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)

2. Chai Biao/Hong Wei (Malaysia)

3. Manu Attri/Sumeeth Reddy (India).

 

4. Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang)

Ganda Putri 

Grup C 

1. Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (Indonesia)

2. Heather Oliver/Lauren Smith (Inggris)

3. Poon Lok Yan L/Tse Ying Suet (Hong Kong)

4. Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon (Malaysia)

Tunggal Putri  

Grup J 

1. Nozomi Okuhara (Jepang) 

2. Thi Thrang (Vietnam)

3. Linda Wenifanetri (Indonesia) 

Tunggal Putra 

1. Tommy Sugiarto (Indonesia) 

2. Howard Hsu (Amerika Serikat)

3. Osleni Guerrero (Kuba)

Video Populer

Foto Populer