Sukses


Tim Angkat Besi Rusia Dicoret dari Olimpiade 2016

Bola.com, Rio de Janeiro - Kontingen Rusia pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 kembali berkurang. Tim angkat besi Rusia batal ikut serta akibat tersandung kasus doping.

Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) melarang atlet Rusia tampil karena dianggap telah mencemari integritas olahraga angkat besi. Tak pelak, para lifter Rusia kecewa berat dengan keputusan tersebut. 

[bacajuga:Baca Juga](2564700 2564509 2564750

"Kami tentu ingin menyoroti statistik yang sangat mengejutkan dan mengecewakan mengenai lifter Rusia," demikian pernyataan IWF dalam situs resmi mereka, Sabtu (30/7/2016).

"Integritas olahraga angkat besi telah rusak parah dalam beberapa kesempatan dan level oleh Rusia, untuk itu sanksi yang tepat diterapkan untuk melestarikan integritas olahraga ini," lanjut pernyataan tersebut.

Sementara itu, Presiden Federasi Angkat Besi Rusia, Sergey Syrtsov, mengatakan keputusan Komite Eksekutif IWF ini tidak murni karena doping. Dia menyebut ada tekanan besar dari pejabat senior untuk segera mengeluarkan keputusan tersebut.

"Kami tahu dari sumber yang dapat dipercaya, tiga anggota komite eksekutif berdiri pada prinsip mereka dan memilih untuk mengizinkan tim angkat besi Rusia untuk bersaing," tutur Syrtsov, seperti dikutip RT.com.

"Kami akan menganalisis segala sesuatu dalam mode darurat sekarang, berbicara dengan pengacara Komite Olimpiade Rusia dan mengambil keputusan tepat dalam waktu dekat," imbuhnya.

IWF bukan satu-satunya federasi dunia yang melarang atlet Rusia tampil pada Olimpiade 2016. Sebelumnya, Federasi Atletik Dunia (IAAF) juga melarang sejumlah atlet Rusia ikut ambil bagian karena masalah doping.

Video Populer

Foto Populer