Sukses


Tenis Olimpiade: Djokovic dan Williams Bersaudara Tersingkir

Bola.com, Rio de Janeiro - Olimpiade Rio de Janeiro 2016 tak bersahabat bagi para pemain papan atas cabang tenis. Beberapa petenis unggulan sudah harus angkat koper lebih awal, termasuk Novak Djokovic serta Williams bersaudara, Venus dan Serena.

Djokovic tersingkir pada babak pertama setelah ditaklukkan petenis Argentina, Juan Martin del Potro. Dalam laga yang digelar di Olympic Tennis Center, Barra da Tijuca, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (7/8/2016), unggulan teratas asal Serbia itu kalah straight set 6(4)-7, 6(2)-7.

Del Potro seolah jadi mimpi buruk Djokovic di pesta olah raga terbesar sejagad. Pada Olimpiade London empat tahun silam, petenis nomor satu dunia itu juga menyerah kepada Del Potro dalam pertandingan perebutan medali perunggu.

"Sungguh malam yang luar biasa. Saya tak menyangka bisa menang atas Novak. Namun, saya memang bermain bagus. Pukulan forehand dan servis saya sangat baik. Saya rasa ini merupakan salah satu pertandingan terbaik saya sepanjang karier," kata Del Potro seperti dikutip dari Sydney Morning Herald.

Ada kisah menarik yang mengiringi kemenangan DelPo. Pada pagi hari sebelum pertandingan, juara AS Terbuka 2009 itu ternyata sempat terkurung di dalam lift perkampungan atlet selama 40 menit! Dia baru bisa keluar setelah diselamatkan oleh anggota tim bola tangan Argentina. Beruntung, nasib apes itu tak berlanjut ke lapangan.

Unggulan pertama ganda putri, Venus Williams/Serena Williams juga tersungkur pada babak pertama. Pasangan peraih tiga medali emas Olimpiade itu dijungkalkan ganda Rep. Ceska, Lucie Safarova/Barbora Strycova, 3-6, 4-6.

Hasil negatif itu menandai kekalahan pertama Venus/Serena di Olimpiade. Dari tiga penampilan di Olimpiade pada 2000, 2008, dan 2012, keduanya selalu berhasil menjadi juara.

Kekalahan tersebut sekaligus mengakhiri kiprah Venus di Olimpiade Rio. Venus sebelumnya sudah tersingkir di nomor tunggal setelah kalah dari petenis Belgia, Kirsten Flipkens, 6-4, 3-6, 6(5)-7.

Sementara itu, Serena masih punya peluang merebut emas nomor tunggal. Unggulan pertama itu lolos ke babak kedua usai menghentikan petenis Australia, Daria Gavrilova, 6-4, 6-2.

Cabang tenis di Olimpiade Rio 2016 memang menghadirkan banyak kejutan. Jika di tunggal putra ada Novak Djokovic yang langsung angkat koper, di putri terdapat dua nama unggulan yang dipastikan masuk kotak, yaitu Garbine Muguruza dan Agnieszka Radwanska. Sektor ganda lebih parah karena dua unggulan teratas putra maupun putri sudah tereliminasi di babak pertama.

Video Populer

Foto Populer