Sukses


Olimpiade: Atasi Pemain Kuba, Tommy Sugiarto Lolos ke 16 Besar

Bola.com, Rio de Janeiro - Tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, memastikan diri lolos ke babak 16 besar Olimpiade Rio de Janeiro 2016 setelah mengalahkan pebulutangkis Kuba, Osleni Guerrero, pada laga terakhir Grup J di Pavilium 4 Riocentro, Minggu (14/8/2016). Tommy menang dua gim langsung, 21-12, 21-14.

Karena belum pernah bertemu pada laga resmi, Tommy terlihat berhati-hati pada awal gim pertama. Unggul jauh secara ranking, Tommy tak mau menganggap remeh lawan.

Untuk ukuran pemain yang bukan berasal dari negara dengan tradisi bulutangkis kuat, penampilan Guerrero tak bisa dibilang jelek. Berbekal postur tubuh oke, dia punya senjata mematikan berupa smes keras.

Hanya, Guerrero terlihat kurang jam terbang di turnamen level atas. Hal itu terlihat di awal laga. Sempat unggul 4-2, Guerrero malah balik tertinggal 4-6.

Setelah mampu beradaptasi, Tommy mulai mendominasi. Lewat permainan taktis, Tommy membuat Guerrero kewalahan. Tommy dengan cerdik menempatkan shuttlecock di tempat yang sulit dikembalikan lawan, terutama ke arah badan. Saat interval, Tommy memimpin 11-8.

Selepas interval, Tommy semakin merajalela. Dia sama sekali tak memberikan kesempatan Guerrero mengembangkan permainan. Frustrasi, Guerrero malah sering membuat kesalahan sendiri. Tommy pun terus mendulang poin demi poin untuk merebut gim pertama.

Tommy kembali tertinggal lebih dulu pada awal gim kedua. Dia rupanya masih mencermati arah angin yang terlihat lebih condong ke kanan. Guerrero mengambil keuntungan itu untuk memimpin 3-0.

Saat adaptasinya selesai, Tommy melesat meninggalkan perolehan poin Guerrero dan berbalik unggul 11-8 pada interval.

Guerrero tak mau menyerah begitu saja. Selepas interval dia memberikan perlawanan sengit kepada Tommy dan memperkecil selisih menjadi tinggal satu poin dalam kedudukan 12-13.

Namun, perlawanan Guerrero cuma sampai di situ. Tommy kembali menjauh hingga akhirnya memenangi pertandingan dalam waktu 42 menit.

Kemenangan ini memastikan Tommy Sugiarto memuncaki Grup J dengan dua kemenangan dan lolos ke fase gugur. Pada babak 16 besar, Tommy akan menghadapi juara Grup I antara Rajiv Ouseph (Inggris Raya) dan Sho Sasaki (Jepang).

Video Populer

Foto Populer