Tontowi / Liliyana Tak Gentar Hadapi Zhang / Zhao di Semifinal

Oleh Oka Akhsan pada 15 Agu 2016, 10:30 WIB
Diperbarui 15 Agu 2016, 10:30 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, siap perang mental melawan Zhang Nan/Zhao Yunlei (China) pada babak semifinal Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Senin (15/8/2016). (Reuters/Marcelo del Pozo)

Bola.com, Rio de Janeiro - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjaga asa meraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Unggulan ketiga itu lolos ke semifinal setelah memenangi perang saudara melawan Praveen Jordan/Debby Susanto pada babak perempat final, Senin (15/8/2016) pagi WIB.

Unggul pengalaman dan kematangan, Owi/Butet menang dua gim langsung 21-16, 21-11. Mereka hanya butuh waktu 35 menit untuk mengatasi perlawanan juniornya di pelatnas itu.

"Tontowi/Liliyana bermain lebih baik dan bisa menguasai pertandingan. Bola-bola depan Liliyana yang bagus dan bola atas tajam dari Tontowi menyulitkan Jordan/Debby," kata pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Butet mengakui dalam pertandingan tersebut dia dan Owi sebenarnya sempat tegang. Namun, mereka berusaha rileks agar bisa tetap tenang dan fokus. "Yang terpenting komunikasi saya dan Owi di lapangan berjalan baik," ujar Butet.

Pada babak semifinal, Owi/Butet akan menghadapi unggulan pertama, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Pasangan asal China itu lolos ke babak empat besar usai menyingkirkan wakil Jepang, Kenta Kazuno/Ayane Kurihara, 21-14, 21-12.

Owi/Butet dan Zhang/Zhao sama-sama tampil impresif pada Olimpiade 2016. Kedua pasangan itu lolos ke perempat final sebagai juara grup dan belum pernah kehilangan satu gim pun dari empat laga yang sudah dijalani.

Zhang/Zhao merupakan musuh bebuyutan Owi/Butet. Namun di atas kertas, pasangan China lebih diunggulkan karena unggul rekor pertemuan. Dalam 18 kali pertemuan, Zhang/Zhao 13 kali menang atas Owi/Butet, termasuk dalam delapan duel terakhir sejak 2014.

"Kami sudah sering bertemu. Untuk laga nanti kami menganggap semua dari nol lagi. Kami enggan memikirkan kemenangan dan kekalahan yang sudah terjadi. Lebih baik kami fokus mempelajari pertandingan mereka. Kami siap bertarung habis-habisan," kata Owi.

"Zhang/Zhao itu pemain berpengalaman. Mereka juga sangat tenang di lapangan. Kami harus siap adu mental. Siapa yang lebih siap, maka dia yang akan menang," timpal Butet.

Laga semifinal bulutangkis nomor ganda campuran Olimpiade Rio de Janeiro 2016 antara Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Zhang Nan/Zhao Yunlei dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/8/2016) malam waktu Brasil atau Selasa (16/8/2016) pagi WIB.