Sukses


Lee Yong-dae Pensiun dari Timnas Korea Selatan

Bola.com, Rio de Janeiro - Bintang bulutangkis Korea Selatan, Lee Yong-dae, memutuskan pensiun dari timnas Korea Selatan menyusul kegagalannya menyumbang medali dari sektor ganda putra di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. 

Lee dan pasangannya, Yoo Yeon-seong, tersingkir pada babak perempat final. Ganda putra nomor satu dunia tersebut di luar dugaan takluk dari pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Kans mempersembahkan emas pun melayang. 

Lee kemudian mengumumkan pengunduran diri dari Timnas Korea yang juga berarti dirinya tak akan tampil lagi di pentas-pentas internasional, Kamis (18/8/2016). Dia menyatakan ingin memberikan kesempatan kepada pemain-pemain yang lebih muda. Turnamen Korea Terbuka Super Series pada bulan depan bakal menjadi penampilan terakhir Lee dengan memakai jersey timnas Korea. 

"Ini merupakan Olimpiade terakhir saya. Saya ingin memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda. Saya ingin melihat pemain-pemain lain bertanding di Olimpiade sebanyak tiga kali seperti yang saya lakukan," kata Lee Yong-dae, seperti dilansir Yonhap News, Jumat (19/8/2016).

"Bulutangkis Korea Selatan bakal lebih kuat jika para pemain muda memperoleh kesempatan," imbuh Lee.  

Meskipun pulang dengan tangan hampa dari Rio de Janeiro, Lee telah mengoleksi dua medali Olimpiade. Dia memenangi medali emas ganda campuran pada Olimpiade Beijing 2008 dan menyabet medali perunggu dari sektor ganda putra di Olimpiade London 2012. 

Namun, keputusan Lee pensiun dari Timnas Korea dan panggung internasional bisa ditinjau ulang jika di masa mendatang para pemain muda tak mampu bermain apik. Pemain yang punya banyak penggemar di Indonesia ini mengisyaratkan kemundurannya dari pentas bulutangkis internasional ini tak permanen.

"Jika pemain muda tak bermain apik dan jika skill saya masih bagus, saya mungkin bisa kembali ke Timnas apabila negara memanggil. Jika saya benar-benar mundur, saya mungkin akan sangat rindu (timnas)," beber Lee. 

Pemain berusia 27 tahun tersebut mengatakan meski pensiun, dia tak lantas benar-benar meninggalkan dunia yang membesarkannya itu. Lee bakal tampil di turnamen-turnamen domestik dan berencana berpartisipasi di liga profesional di luar negeri.

"Saya masih mencintai bulutangkis. Dari Desember sampai Februari, saya akan bermain di liga-liga pro, kemudian sejak April, saya akan fokus di turnamen-turnamen domestik," ujar Lee.

Liga profesional bulutangkis saat ini digelar di beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia, Indian, dan China, di mana bulutangkis merupakan olahraga nasional. Tapi, Lee belum memutuskan bakal tampil di liga mana. 

Keputusan Lee Yong-dae ini tentu bakal menjadi kabar sedih bagi fans bulutangkis di Indonesia. Kehadiran Lee di turnamen Indonesia Terbuka Super Series Premier selama ini selalu ditunggu-tunggu. Bahkan, dia merasa seperti tampil di kandang sendiri setiap bertanding di Indonesia. 

 

Video Populer

Foto Populer