Sukses


3 Pebulutangkis Korea Ikuti Jejak Lee Yong-dae Mundur dari Timnas

Bola.com, Rio de Janeiro - Keputusan bintang bulutangkis Korea Selatan, Lee Yong-dae, pensiun dari tim nasional (timnas) bakal diikuti tiga pemain lainnya, Yoo Yeon-seong, Kim Sa-rang, dan Bae Yeon-ju.

Ketiga pemain tersebut dikabarkan sudah bertemu pelatih kepala timnas Korea, Lee Deuk Choon pada Selasa (16/8/2016). Mereka menyatakan ingin mundur dari pentas bulutangkis internasional seusai Olimpiade Rio de Janeiro. 

Seperti dikutip kantor berita Korea, Yonhap, Jumat (19/8/2016), Yoo Yeon-seong, ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Pemain berusia 30 tahun tersebut sedang menunggu kelahiran putra pertamanya. Sang istri diperkirakan bakal melahirkan dua bulan lagi. Pasangan Lee Yong-dae di sektor ganda putra ini hanya bisa tinggal bersama keluarga barunya secara penuh jika meninggalkan tim nasional dan pindah dari tempat pemusatan latihan di Seoul.

Adapun Bae dan Kim agak lama berkutat dengan cedera. Kim bahkan diperkirakan harus naik meja operasi untuk pengobatan nyeri leher kronis yang sudah dialaminya. Jadwal operasi Kim, yang kini berusia 26 tahun, disebut-sebut seusai Festival Olahraga Nasional di Korea pada Oktober 2016, di mana dia akan berpartisipasi bersama tim Samsung.   

Sementara itu, pemain Bae menjadi pemain termuda dari keempat pebulutangkis yang akan pensiun dari Timnas Korea itu. Usianya baru 25 tahun atau tepat menginjak 26 tahun pada Oktober 2016. Alasannya memilih pensiun dari Timnas tidak disebutkan secara terperinci, meskipun diduga akibat cedera yang kerap merecokinya. 

Bae juga berpartisipasi memperkuat tim nasional Korea di ajang Olimpiade 2016. Langkah tunggal putri Korea ini terhenti di babak 16 tahun. Meskipun usianya masih muda, dia sudah 10 tahun memperkuat tim Korea Selatan di berbagai turnamen internasional.  

Sementara itu, Lee Yong-dae juga memutuskan pensiun dari Timnas Korea. Turnamen Korea Terbuka Super Series pada bulan depan bakal menjadi turnamen terakhirnya di panggung internasional. Dia pensiun dengan koleksi 42 titel super series. Koleksi gelarnya ini sama dengan Zhao Yunlei dan Yu Yang, serta hanya kalah dari Lee Chong Wei yang mengantongi 43 titel super series. 

 

Video Populer

Foto Populer