Sukses


Dramatis, Lee Chong Wei Bungkam Lin Dan di Semifinal Olimpiade

Bola.com, Rio de Janeiro - Bintang bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, membuka harapan meraih medali emas setelah menundukkan rival abadinya, Lin Dan, dalam pertarungan yang berlangsung sangat dramatis dengan skor 15-21, 21-11, 22-20, di Riocentro, Jumat (19/8/2016).   

Kemenangan ini sekaligus menyudahi rekor buruk Lee Chong Wei saat bertemu Lin Dan di ajang Olimpiade. Dalam dua Olimpiade sebelumnya, di Beijing 2008 dan London 2012, impian Lee Chong Wei meraih final selalu kandas di tangan Lin Dan pada partai final.  

Pada gim pertama, Lin Dan mendominasi pertandingan. Sempat tertinggal 0-1, tunggal putra nomor tiga dunia itu terus unggul atas Lee. Bahkan, dia sempat unggul jauh dengan 18-11 atas jagoan Malaysia tersebut.

Serangan Lin Dan membuat Chong Wei kerap mati langkah. Setelah bertarung selama 24 menit, Lin Dan akhirnya mengakhiri perjuangan Lee pada gim pertama. Sebuah smes membuat Lin Dan menang dengan skor 21-15.

Pada set kedua, Lee bangkit. Dia langsung mengontrol permainan sejak awal. Terbukti, pemain peringkat satu dunia itu unggul 5-0 hanya dalam waktu beberapa menit. Hingga interval, Chong Wei unggul jauh 11-2.

Selepas jeda, Lee Chong Wei tampil kian agresif. Dia tak membiarkan Lin Dan mengembangkan permainan hingga unggul 18-7. Chong Wei akhirnya menutup gim kedua dengan kemenangan 21-11.

Seperti yang diprediksi, gim ketiga berlangsung ketat. Dua pemain saling kejar mengejar poin. Hingga delapan menit berjalan, skor masih sama kuat 5-5.

Persaingan sengit antara Chong Wei dan Lin Dan terus tersaji hingga interval. Terbukti, Lin Dan hanya unggul tipis 11-10. Bahkan, Chong Wei mampu menyamakan kedudukan menjadi 13-13.

Saat poin kritis, Chong Wei mampu unggul dua poin, 19-16, atas Lin Dan. Namun, Lin Dan mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 20-20. 

Di poin-poin kritis ini, Lee Chong Wei berhasil tampil apik. Tambahan dua poin pun mengantarnya melenggang ke final sekaligus membuka jalan mewujudkan impiannya meraih medali emas Olimpiade untuk kali pertama sepanjang kariernya. 

Tak heran, Lee Chong Wei sangat emosional merayakan kemenangan tersebut. Dia berteriak girang, melompat sembari mengepalkan tangan, sebelum berpelukan dengan Lin Dan. 

Pada babak final bulutangkis Olimpiade 2016, Chong Wei akan bertemu tunggal China lainnya, Chen Long. Pemain nomor dunia tersebut ke final berkat kemenangan dua gim langsung 21-14 dan 21-15 atas wakil Denmark, Viktor Axelsen.

Video Populer

Foto Populer