Sukses


2 Atlet Taekwondo yang Berhijab Ini Raih Medali di Olimpiade Rio

Bola.com, Rio de Janiero - Atlet taekwondo wanita, Kimia Alizadeh Zenoorin (Iran) dan Hedaya Wahba Malak (Mesir), meraih medali perunggu di kelas 57 kg Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Kamis (18/8/2016).

Dalam perebutan medali perunggu, Kimia Alizadeh mengalahkan wakil Swedia, Nikita Glasnovic, 5-1. Sementara itu, Wahba menang 1-0 atas atlet taekwondo Belgia, Raheleh Asemani.

Keduanya memiliki satu kesamaan, yakni menggunakan hijab saat bertanding. Bagi Alizadeh maupun Wahba, hijab tidak menghalangi keinginan setiap wanita muslim untuk berprestasi dalam olahraga.

"Ini kesempatan yang bagus. Anda bisa menekuni olahraga kesukaan sendiri tanpa dihalangi hal-hal seperti pakaian. Itu hal yang paling penting," kata Wahba.

Alizadeh dan Wahba tercatat sebagai atlet taekwondo wanita pertama dari masing-masing negara itu yang berhasil meraih medali di Olimpiade. Khusus bagi Alizadeh, dia bahkan menjadi atlet wanita pertama Iran yang sukses menyumbangkan medali selama ikut Olimpiade.

"Saya berharap medali ini membuka jalan bagi wanita-wanita Iran lain untuk tampil di Olimpiade. Saya ingin mereka nanti bisa meraih medali," ujar Alizadeh yang masih berusia 18 tahun itu.

Pada kelas ini, medali emas jatuh ke pelukan Jade Jones dari Inggris Raya setelah menang 16-7 atas Eva Calvo dari Spanyol. Jones sukses mempertahankan prestasi serupa yang dibuatnya di Olimpiade London 2012.

Sumber: Rio 2016

Video Populer

Foto Populer