Sukses


5 Pemain Berapor Kinclong di Liga Inggris yang Pantas Dipanggil Gareth Southgate ke Timnas Inggris: 2 Asal Manchester United

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris akan berhadapan dengan San Marino, Albania, dan Polandia di kualifikasi Piala Dunia 2022. Gareth Southgate bakal mengumumkan komposisi skuat pada Kamis (18/3/2021)

Pemain-pemain tenar macam Harry Kane, Harry Maguire, Raheem Sterling diyakini akan kembali jadi andalan Tim Tiga Singa. Akankah Gareth Southgate memanggil nama-nama pemain yang terduga?

Dengan banyaknya pemain Inggris yang bersinar selama musim ini di Premier League dan kompetisi elite Eropa lainnya, jelas bahwa Southgate memiliki banyak bakat yang bisa dimaksimalkan.

Situs Sportskeeda memilih lima pemain yang musti diberi kesempatan menghuni skuat Timnas Inggris. Siapa saja mereka?

Video

2 dari 6 halaman

Ezri Konsa

Aston Villa telah menerima banyak pujian atas soliditas  pertahanan mereka selama musim 2020-2021. Faktanya, tim Dean Smith mencatat lebih banyak clean sheet (14)  dibandingkan tim Premier League lainnnya, selain Manchester City.

Dan meskipun pujian telah diberikan kepada kiper Emiliano Martinez dan bek Inggris saat ini Tyrone Mings, bisa dibilang bahwa bek Villa yang paling menonjol adalah Ezri Konsa.

Masih berusia 23 tahun, Konsa yang bergabung dengan Villa dari Brentford pada musim panas 2019 tampil fantastis sejak musim 2019-2020 dimulai kembali setelah lockdown COVID-19. Dan penampilannya di musim ini sangat fenomenal.

Konsa hanya melewatkan dua pertandingan Villa di Liga Inggris sejauh ini dan sudah menyumbang dua gol. Tapi itu atribut pertahanan yang membuatnya menonjol.

Pemain Villa ini mendapat skor tinggi dalam hal tekel, blok, dan intersep. Kesadaran posisionalnya luar biasa, karena ia sering kali menemukan dirinya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk menghentikan serangan oposisi.

Dengan Inggris yang membutuhkan lebih banyak kekuatan di bek tengah, Konsa mestinya mendapatkan lebih dari sekadar panggilan perdananya di Timnas Inggris jika mengacu pada penampilannya musim ini.

3 dari 6 halaman

Patrick Bamford

Satu area di mana Southgate kemungkinan akan menemukan dirinya kekurangan dalam hal skuad ini adalah lini serang.

Kapten Harry Kane dan striker Everton Dominic Calvert-Lewin fit. Tapi Southgate kemungkinan harus puas tanpa Tammy Abraham, Jadon Sancho, Danny Ings, dan mungkin Marcus Rashford juga.

Dan ini bisa berarti bahwa striker Leeds, Patrick Bamford, bergerak ke depan antrian ketika harus mencari cadangan potensial untuk Kane.

Bamford telah menikmati musim debut yang luar biasa di Premier League bersama Leeds.

Ia mampu mencetak 13 gol dalam 28 penampilan Liga Inggris. Hanya Kane dan Calvert-Lewin yang mencetak lebih banyak gol.

Tapi permainan Bamford tidak hanya berpusat pada tujuan mencetak gol untuk dirinya saja. Dengan Leeds memainkan gaya menyerang yang sangat fasih, Bamford juga dituntut untuk membawa rekan satu timnya dalam pusara permainan. Dan tidak mengherankan melihat bahwa sang striker juga menyumbang lima assist atas namanya.

Dengan Kane yang sekarang mahir untuk memberi umpan kepada penyerang sayap Inggris, menggantinya dengan penyerang seperti Calvert-Lewin, yang tidak memiliki kemampuan itu, akan selalu berisiko.

Namun berdasarkan apa yang kami saksikan musim ini, Bamford tentu memiliki kemampuan untuk bermain dengan cara ini yang akan menguntungkan bagi Timnas Inggris.

4 dari 6 halaman

Luke Shaw

Jika penggemar Inggris diminta untuk memanggil kembali skuad tim mereka untuk Piala Dunia 2014, kebanyakan dari mereka mungkin akan lupa bahwa Luke Shaw melakukan perjalanan ke Brasil sebagai bek kiri cadangan.

Baru berusia 18 tahun saat itu, Shaw kemudian dipandang sebagai masa depan Inggris dalam hal posisi bek kiri. Tetapi di tahun-tahun berikutnya, cedera dan kehilangan bentuk telah membatasi dia hanya delapan kali membela negaranya.

Shaw sudah tidak bermain untuk Inggris sejak kekalahan September 2018 dari Spanyol, tapi tentunya sudah waktunya untuk mengubahnya sekarang.

Musim 2020-21 telah membuatnya tampil di level yang sangat tinggi untuk Manchester United. Shaw tampaknya bekerja keras untuk meningkatkan kekuatan dan kebugarannya.

Dia tampil dalam 25 pertandingan Premier League dan telah mencetak satu gol sekaligus memberikan lima assist. Kadang-kadang, dia tampak tak terhentikan ketika dia maju.

Tapi Shaw juga terbukti sebagai bek kiri bertahan yang kuat juga. Dia sangat rata-rata dalam hal tekel, intersepsi, dan sapuan. Penampilannya baru-baru ini melawan Manchester City juga luar biasa.

Dengan Ben Chilwell tidak dalam performa terbaiknya saat ini, Shaw jelas pantas mendapat kesempatan bermain buat The Three Lions.

 

5 dari 6 halaman

Ollie Watkins

Dengan pemain seperti Jadon Sancho, Danny Ings, Tammy Abraham, dan Marcus Rashford kemungkinan akan absen pada pertandingan mendatang, Gareth Southgate mungkin akan mempertimbangkan untuk mendatangkan beberapa bakat menyerang baru ke dalam skuadnya.

Dan satu pemain yang bisa menjadi sosok pembeda bagi Timnas Inggris adalah striker Aston Villa, Ollie Watkins.

Didatangkan dari Brentford pada musim panas 2020, seberapa siap Watkins berkompetisi di Premier League sempat dipertanyakan.

Tapi Watkins membuktikan kepantasannya. Dia sudah mencetak 10 gol Premier League dan mencatatkan tiga assist. 

Penyelesaiannya memang tidak selalu sempurna, namun ia terbukti mampu mencetak gol ke gawang lawan papan atas seperti Liverpool dan Arsenal.

Mampu bermain sebagai penyerang sayap dan juga sebagai striker sentral, Watkins akan menawarkan sesuatu yang berbeda dengan pemain seperti Rashford dan Raheem Sterling.

6 dari 6 halaman

Aaron Wan-Bissaka

Inggris memiliki banyak bakat untuk dipilih saat ini di pos bek kanan.

Trent Alexander-Arnold menjadi salah satu yang terbaik di dunia pada posisi tersebut, Reece James telah melakukannya dengan baik untuk Chelsea, dan pemain veteran Kyle Walker dan Kieran Trippier juga kemampuan berkelas dengan jam terbang tinggi di timnas.

Tetapi sementara beberapa penggemar telah membicarakan peluang Matty Cash (Aston Villa) dan James Justin (Leicester) masuk skuat Inggris, agak membingungkan jika Aaron Wan-Bissaka dari Manchester United juga belum dipanggil.

Seorang veteran Kejuaraan Eropa U-21 2019, Wan-Bissaka dipanggil ke skuad senior Inggris tahun itu juga, tetapi dipaksa keluar karena cedera.

Namun sekarang, seharusnya sudah waktunya untuk meneleponnya lagi.

Dia menikmati musim yang luar biasa untuk Setan Merah lagi di 2020-2021, tampil dalam 27 pertandingan Premier League dengan rapor mentereng. Dia mencetak dua gol dan mencatatkan dua assist, menunjukkan permainan menyerang semakin membaik.

Wan-Bissaka mengantungi rata-rata 2,9 tekel sukses, 1,7 intersep, dan 1,7 sapuan per pertandingan. Pada dasarnya, tidak ada bek kanan Inggris lainnya yang mendekati statistik tersebut.

Dan dia juga bisa mengoper bola, dengan rata-rata tingkat keberhasilan operan 84,2% lebih kuat dari Alexander-Arnold, misalnya.

Dengan Southgate yang tampaknya masih mempertimbangkan untuk mengerahkan Walker sebagai bagian dari tiga bek, tentu Wan-Bissaka. Dengan keterampilan tekelnya yang jauh lebih baik, akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk peran tersebut daripada sang veteran Manchester City.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer