Sukses


Euro 2020 (Euro 2021): Perkenalkan Kiper dan Pemain Tertua yang Pernah Mentas di Piala Eropa, Gabor Kiraly

Bola.com, Jakarta - Piala Eropa 2020 baru bisa digelar pada Juni-Juli 2021 nanti lantaran sempat tertunda akibat pandemi virus corona. Sembari menunggu jalannya turnamen tersebut, Bola.com mengajak Anda mengetahui beragam rekor menarik dari ajang Piala Eropa.

Pada artikel ini kita akan membahas soal siapa pemain tertua yang pernah mentas di Piala Eropa. Sosoknya adalah pemain Timnas Hungaria, Gabor Kiraly.

Pyjama Man begitu ia dikenal. Karena ia punya ciri khas selalu menggunakan celana training abu-abu tebal atau persis seperti seorang pria yang menggunakan piyama.

Namun dalam sejarahnya, Gabor Kiraly bukan hanya dikenal sebagai Pyjama Man, ia juga memecahkan rekor sebagai kiper sekaligus pemain tertua yang pernah bermain di Piala Eropa.

Gabor Kiraly memecahkan rekor tersebut pada Piala Eropa 2016. Pada penyisihan Grup F kontra Austria, 14 Juni 2016, ia berusia 40 tahun dan 74 hari. Kala itu ia memecahkan rekor pemain tertua di Piala Eropa milik legenda Jerman, Lothar Matthaus: 39 tahun 91 hari.

Aksi Gabor Kiraly bukan cuma sekadar memecahkan rekor pemain dan kiper tertua di Piala Eropa. Dia turut membawa Hungaria ke babak 16 besar.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Nominasi Penyelamatan Terbaik

Sayang pada babak 16 besar Piala Eropa 2016, Hungaria bertemu salah satu unggulan, Belgia. Hasilnya gawang Gabor Kiraly kebobolan empat gol tanpa balas.

Saat itu ia berusia 40 tahun dan 86 hari sekaligus mempertajam rekor pemain tertua di Piala Eropa atas namanya sendiri.

Semakin spesial, meski kalah dari Belgia dengan skor 0-4, aksi penyelamatan Gabor Kiraly saat memblok tendangan bebas Kevin De Bruyne sempat masuk nominasi penyelamatan terbaik versi kompetisi UEFA musim 2015/2016.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer