Sukses


Jelang Euro 2020 (Euro 2021): Makna di Balik Bola Resmi Piala Eropa, Uniforia

Bola.com, Jakarta - Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 yang akan digelar tahun 2021 akan menggunakan bola dengan tajuk Uniforia.

Pada 2019, Adidas meluncurkan bola resmi ini untuk turnamen yang dijadwalkan tahun 2020, namun diundur setahun akibat pandemi COVID-19.

Uniforia, nama bola resmi ini bermakna luas, yakni persatuan dan euforia turnamen paling bergengsi antarnegara Eropa itu. Euro 2020 akan berlangsung di 12 negara Eropa yang berbeda dan menandai peringatan 60 tahun kompetisi tersebut. Uniforia dirancang untuk merayakan inklusivitas ini.

Desai bola menunjukkan garis dengan sapuan kuas hitam yang mendominasi bola. Ini melambangkan pengaburan batas dan penyeberangan batas sebagai cerminan dari format lintas benua baru kompetisi ini.

Di bola resmi Euro 2020 itu, ada juga corak kilatan warna-warna cerah, mewakili keragaman turnamen dan perpaduan budaya yang berbeda.

“Saat merancang bola pertandingan resmi, kami selalu berusaha merefleksikan budaya. Lalu semangat jalanan apa yang bisa kami tampilkan dengan bangga di stadion ini,” jelas Anika Marie Kennaugh, Product Designer di Adidas.

Video

2 dari 2 halaman

Makna Lain

Euro 2020 (2021) akan dibuka di Roma pada 11 Juni 2021 dan akan berakhir sebulan kemudian dengan final di Stadion Wembley di London.

Pertandingan akan berlangsung di 12 kota tuan rumah, yani London, Glasgow, Dublin, Bilbao, Amsterdam, Kopenhagen, St. Petersburg, Munchen, Budapest, Roma, Bukares, dan Baku.

“Apa yang kami lihat di kota kami adalah kebutuhan untuk berkumpul dan bersatu untuk perubahan. Sebagai ajang olahraga besar di dunia, Euro 2020 adalah kesempatan besar untuk dengan bangga menunjukkan kekuatan persatuan dan merayakan olahraga sebagai penghubung manusia, ide, dan kreativitas," kata Kennaugh.

Sumber: UEFA, Hyperbeast

Video Populer

Foto Populer