Sukses


Sebelum Nonton Euro 2020 (Euro 2021), Mari Simak Lagi 6 Kejadian Penting pada Kualifikasi Piala Eropa

Bola.com, Jakarta - Piala Eropa 2020 akan diikuti 24 negara. Dari jumlah tersebut, 20 negara lolos langsung dari babak kualifikasi. Dari 10 grup yang ada, dua tim yang berada di peringkat paling atas lolos otomatis. Sedangkan empat slot tersisa diisi lewat play-off.

Negara-negara unggulan lolos dengan mudah. Belgia menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Eropa 2020. Belgia melaju sempurna dengan menyapu bersih semua laga fase grup. Belgia juga hanya kebobolan satu gol saja.

Italia juga melaju sempurna di fase grup. Bahkan, pada laga terakhirnya di fase grup, Gli Azzuri menang dengan skor 9-1 atas Armenia. 

Juara Piala Eropa 2016, Portugal, juga lolos. Namun, jalan Portugal tidak terlalu mulus. Mereka menjadi runner-up Grup B. Kelolosan Portugal tidak lepas dari peran penting Cristiano Ronaldo. Pemain 34 tahun mencetak 50 persen gol Portugal di fase grup.

Inggris, Belanda, Jerman, Kroasia, Prancis, dan Polandia juga lolos. Finlandia yang menjadi runner-up Grup J mencetak sejarah kali pertama lolos ke Piala Eropa.

Di balik itu semua, banyak momen tak terlupakan sepanjang kualifikasi Piala Eropa 2020. Berikut ini tujuh momen terbaik yang telah dirangkum Bola.com:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 7 halaman

Hungaria, Monster yang Terbangun

Timnas Hungaria sukses menembus putaran final Piala Eropa, setelah mengalahkan Islandia dengan skor 2-1 pada laga final playoff path A di Puskas Arena, Jumat (13/11/2020) dini hari WIB.

Dengan hasil tersebut, Hungaria bakal menempati Grup F bersama Portugal, Prancis, dan Jerman. Pada pertandingan pertama fase grup, Hungaria akan bersua Portugal di Puskas Arena, 15 Juni 2021.

Hungaria merupakan kekuatan besar dahulu kala. Dengan kembalinya 'sang monster' Eropa, bakal jadi hal menarik untuk disimak lagi perjalanan tim ini.

3 dari 7 halaman

Momen Emas Skotlandia

Pada laga final playoff path C, Timnas Skotlandia kerepotan untuk melewati adangan Serbia. Setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Skotlandia akhirnya mampu mengalahkan Serbia dengan skor 5-4 lewat adu penalti di Red Star Stadium.

Hasil itu membuat Skotlandia lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dan berada di Grup D bersama Inggris, Kroasia, dan Republik Ceska. Pada pertandingan perdana fase grup, Skotlandia akan berhadapan dengan Inggris di Stadion Wembley, 18 Juni tahun depan.

4 dari 7 halaman

Makedonia Utara, Kekuatan Baru Eropa?

Tim lainnya yang sukses menembus putaran final Piala Eropa 2020 adalah Makedonia Utara. Menghadapi Georgia di Boris Paichadze Dinamo Arena, pada laga final playoff path D, Makedonia Utara menang 1-0.

Lawan berat pun telah menanti Timnas Makadonia Utara di Piala Eropa 2020. Tergabung di Grup C, Makedonia Utara akan bersua Belanda, Ukraina, dan Austria.

Pada pertandingan pembuka fase grup, mereka akan menghadapi Timnas Belanda di Johan Cruijff ArenA, 21 Juni 2021.

5 dari 7 halaman

Derbi Skandinavia

Derbi Skandinavia terjadi pada Kualifikasi Piala Eropa 2020. Kejar mengejar gol terjadi sepanjang laga.

Norwegia yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil unggul 2-0 terlebih dulu. Namun, Swedia mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Ole Kamara lalu menjadi pahlawan Norwegia setelah sentuhan kecilnya memanfaatkan sepak pojok berhasil memaksakan skor imbang 3-3.

6 dari 7 halaman

Epic Comeback Denmark

Satu di antara pertandingan terbaik selama Kualifikasi Piala Eropa 2020 yakni duel Swiss vs Dernmark. Tuan rumah Swiss mampu unggul 3-0 hingga menit 76'.

Akan tetapi, hanya dalam 10 menit, sejak menit 84', Denmark mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

7 dari 7 halaman

Kemenangan Pertama Kosovo

Sejarah tercipta. Untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan Timnas Kosovo di Kualifikasi Piala Eropa, mereka meraih kemenangan.

Hebatnya lagi, kemenangan itu didapat di markas Bulgaria, tim yang tak bisa diremehkan di level Eropa. Elba Rashani menjadi pahlawan Kosovo berkat golnya menit 90'+3.

Video Populer

Foto Populer