Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Grup B Euro 2020 (Euro 2021)

Bola.com, Jakarta - Hanya ada dua kata yang bisa menggambarkan suasana di Grup B Euro 2020 (Euro 2021); rasa penasaran. Yup, kata majemuk tersebut seolah menggambarkan apa yang menjadi sasaran empat kontestan Piala Eropa 2020, yang bakal berlangsung pada awal medio Juni 2021 ini.

Tak sekadar peta kekuatan armada Denmark, Finlandia, Belgia dan Rusia, kontestasi di grup ini menjadi bola liar penasaran. Bagaimana tidak, masing-masing negara memiliki dimensi sendiri guna menggambarkan rasa penasaran itu ada.

Kita lihat saja Timnas Denmark misalnya. Negara di kawasan Skandinavia ini sempat menjadi pemecah rekor ketika menjadi jawara Piala Eropa pada edisi 1992. Hebatnya, itu terjadi ketika mereka dipanggil otoritas penyelenggara 10 hari jelang laga perdana.

Tim Dinamit, itulah julukan yang akhirnya menyemat ke pasukan Denmark. Sayang, seiring selesainya era emas saat itu, Denmark seperti tak bergigi. Mereka seolah hadir sekadar meramaikan, meski punya beberapa pemain ternama. Puncak 'rasa malu' terjadi pada empat tahun lalu, saat mereka gagal menjadi bagian dari pesta Euro 2016.

Sebenarnya bukan kali pertama gagal, karena pada edisi 2008 mereka juga tak sanggup melangkah ke putaran final. Pun pada 2012, Denmark tak melangkah jauh karena sudah terdepak di fase grup.

Oleh karena itulah, perhelatan Euro 2020 menjadi bagian dari pengobat rasa penasaran Denmark. Angin seolah membela mereka, karena berstatus tuan rumah dari tiga pertarungan di fase grup.

Rasa penasaran juga menjadi milik Timnas Belgia. Bagaimana tidak, memiliki armada lengkap dan dianggap sebagai periode emas, mereka selalu gagal ketika berbicara di level Piala Eropa.

Teraktual, Belgia tak bisa bernyawa lebih panjang di Prancis 2016. Kala itu, Belgia tersingkir oleh tim kejutan, Wales, di babak perempat final. Sebuah hasil yang tak terbayangkan sebelumnya jika melihat armada negara tetangga Belanda itu tergolong yahud dan 'mengerikan'.

Selain Denmark dan Belgia, Grup B Euro 2020 (Euro 2021) juga diisi oleh Finlandia dan Rusia. Untuk lebih lengkapnya berikut profil dari masing-masing negara.

Video Populer

Foto Populer