MOTION GRAFIS: Profil Stadion Euro 2020 (Euro 2021), Johan Cruyff Arena

Oleh Dody Iryawan pada 05 Mei 2021, 20:10 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 20:10 WIB

Bola.com, Jakarta - Johan Cruyff Arena merupakan satu dari sekian banyak stadion medern yang saat ini ada di Eropa. Stadion ini merupakan yang terbesar di Belanda dan merupakan kebanggaan masyarakat Kota Amsterdam dan akan menjadi satu di antara 11 stadion digelarnya pertandingan Euro 2020.

 

Johan Cruyff Arena merupakan stadion yang menjadi homebase Ajax Amsterdam. Stadion ini dibangun dengan biaya mencapai 140 juta euro selama tiga tahun, dari 1993 hingga 1996. Stadion ini menjadi yang terbesar di negara yang mencetuskan gaya permainan Total Football itu.

 

Sebelum berubah nama menjadi Johan Cruyff Arena, stadion ini awalnya dikenal dengan nama Amsterdam ArenA. Stadion ini mengganti stadion sebelumnya, De Meer, yang hanya berkapasitas 19 ribu tempat duduk. Selama periode pembangunan itu, Ajax pun mengungsi ke Stadion Olympisch yang menjadi markas sementara.

 

Amsterdam ArenA resmi dibuka pada 14 Agustus 1996 dan menjadi stadion pertama di Eropa yang memiliki teknologi retractable roof atau atap yang bisa dibuka dan ditutup. Pembukaan stadion ini ditandai dengan pertandingan Ajax Amsterdam kontra AC Milan, yang saat itu dimenangi oleh Rossoneri dengan skor 3-0.

 

Tak lama setelah resmi dibuka, Amsterdam ArenA ternyata teridentifikasi memiliki desain yang tidak mendukung pertumbuhan rumput yang baik. Hal tersebut membuat dalam satu tahun perlu lima kali memperbarui rumput stadion.

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut profil Johan Cruyff ArenA yang menjadi venue Euro 2020 (Euro 2021).