Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Baku Olympic Stadium, Stadion Terbesar di Azerbaijan

Bola.com, Jakarta - Baku Olympic Stadium merupakan stadion yang mungkin terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, stadion berkapasitas hampir 70 ribu tempat duduk itu merupakan stadion kebanggaan Azerbaijan yang akan menjadi venue Euro 2020.

Baku Olympic Stadium merupakan stadion milik Asosiasi Sepak Bola Azerbaijan (AFFA) yang berlokasi di pusat kota Baku, Azerbaijan. Stadion ini dirancang oleh TOCA (Concept Design), Heerim, dan ROSSETTI (Sports Architect).

Pembangunannya dimulai pada 6 Juni 2011 bertepatan dengan perayaan 100 tahun AFFA. Tak sampai genap empat tahun, Baku Olympic Stadium dinyatakan selesai pada 28 Februari 2015. Kemudian stadion ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, pada 6 Maret 2015.

Baku Olympic Stadium tak seperti stadion sepak bola lainnya karena memiliki lintasan atletik. Event olahraga pertama yang digelar di Baku Olympic Stadium adalah European Games 2015.

Stadion ini berdiri di lahan seluas 617.000 meter kubik dan dirancang mampu menampung 68.000 orang. Memiliki tinggi enam lantai, Baku Olympic Stadium dilengkapi koridor VVIP, VIP, hingga CIP Suites dengan total 720 penonton. Selain itu, stadion ini memiliki kuota parkir untuk menampung sampai 3.078 mobil.

Saat ini, Timnas Azerbaijan dan Qarabag FK menjadi dua tim yang sering menggunakan Baku Olympic Stadium. Rekor penonton tertinggi di Baku Olympic Stadium terjdi saat Qarabag FK menjamu AS Roma di Liga Champions 2017/2018 yakni mencapai 67.200.

Baku Olympic Stadium juga akan menjadi tuan rumah perhelatan Euro 2020. Sebanyak tiga pertandingan pada penyisihan Grup A dan satu laga perempat final akan digelar di stadion yang masuk kategori 4 UEFA itu. Untuk lebih lengkapnya, berikut profil dari stadion Baku Olympic Stadium.

Video Populer

Foto Populer