Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Legenda Dino Zoff, Kiper Legendaris Tak Tergantikan di Italia

Bola.com, Jakarta - Satu catatan istimewa kiper legendaris Timnas Italia, Dino Zoff adalah menjadi pemain tertua yang pernah memenangi Piala Dunia, yakni pada edisi 1982.

Zoff yang kala itu didapuk menjadi kapten sudah berusia 40 tahun, 4 bulan, dan 13 hari. Ia pun mencetak rekor sebagai pemain tertua yang tampil di final Piala Dunia dan memenangkan trofi.

Dino Zoff, yang kini berusia 79 tahun, menjalani laga debut di Piala Eropa 1968. Total, ia mengemas 112 caps bersama Gli Azurri.

Flashback jauh ke masa kecil Zoff, ia mungkin saja menjadi seorang mekanik jika tak suskses di sepak bola. Pria kelahiran Mariano del Friuli, Friuli-Venezia Giulia, Italia ini mengikuti saran sang ayah untuk studi di bidang mesin.

Namun, kecintaannya pada sepak bola tak terbendung lagi. Zoff lalu mencoba peruntungan di lapangan hijau pada usia 14 tahun.

Jalannya di sepak bola tak berawal mulus. Ia trial di Inter Milan dan Juventus. Namun, yang ia dapat adalah penolakan karena postur. Sebagai kiper, postur adalah hal krusial.

Namun, Zoff tak patah arang. Ia mencoba berbagai cara untuk meninggikan badannya. Setelah bertambah 33 cm, ia lalu mencoba lagi dan akhirnya bergabung dengan Udinese pada 1961.

Kariernya pun mulai stabil hingga akhirnya gabung Juventus pada 1972. Di Juventuslah, Zoff meraih puncak karier hingga gantung sepatu pada 1983. Untuk lebih lengkapnya, berikut profil dari Dino Zoff bersama timnas Italia.

Video Populer

Foto Populer