Sukses


Euro 2020: Alasan Mengapa Timnas Spanyol tanpa Satupun Pemain Real Madrid adalah Keputusan Tepat

Bola.com, Jakarta - Luis Enrique mengeluarkan keputusan mengejutkan terkait pemilihan pemain Timnas Spanyol untuk Euro 2020. Ia tidak membawa satupun pemain Real Madrid, termasuk sang kapten, Sergio Ramos.

Mengenai keputusan mencoret Sergio Ramos dari Timnas Spanyol, Luis Enrique menegaskan bahwa tak ada kecenderungan anti-Madrid seperti yang ramai diberitakan.

"Saya ingin mengirim pesan kepada Sergio Ramos, kapten kami, yang tidak ada dalam daftar karena dia tidak bisa bersaing dalam kondisi yang tepat sejak Januari, atau bahkan berlatih bersama skuad Timnas Spanyol," kata Enrique.

"Saya mengatakan kepadanya melalui telepon tadi malam. Itu sulit, sangat sulit, tapi itu yang terbaik untuk tim," katanya lagi.

Keputusan tersebut menjadikan Luis Enrique sebagai pelatih Timnas Spanyol pertama yang tidak mengikutsertakan pemain Real Madrid. Sementara buat Sergio Ramos, ini jadi yang pertama sejak Piala Eropa 2004.

"Setelah bulan-bulan yang kacau dan musim yang aneh, datanglah Piala Eropa. Saya telah berjuang setiap hari, mengerahkan jiwa dan raga saya meraih kondisi 100 persen baik itu buat Real Madrid dan Timnas Spanyol," kata Sergio Ramos lewat unggahan di Twitter pribadinya.

"Tapi, tak semua berjalan sesuai keinginan."

"Menyakitkan setelah tahu saya tidak bisa membantu Timnas Spanyol. Mengenai hal ini, hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah beristirahat dan kembali berjuang tahun depan seperti yang sudah-sudah. Sedih tak bisa membela negara yang saya cintai, tapi saya harus jujur dan berbesar hati," sambungnya lagi.

Luis Enrique sudah menjelaskan bahwa tidak dipanggilnya Sergio Ramos ke Timnas Spanyol untuk Piala Eropa murni persoalan teknis. Namun, mengenai tidak adanya satupun pemain Real Madrid, apakah sudah tepat?

 

Video

2 dari 4 halaman

Performa Pemain Real Madrid di Timnas Spanyol Tak Secemerlang Penggawa Barcelona

Untuk kali pertama sepanjang sejarah, tidak ada satupun pemain Real Madrid di Timnas Spanyol di kompetisi resmi. Selain Sergio Ramos, pemain La Roja di Madrid yang tidak masuk skuad adalah Nacho, Dani Carvajal, Isco, dan Marco Asensio.

Tidak masuknya Nacho mungkin adalah kejutan terbesar. Sebab, bek tengah itu memainkan peran vital di Real Madrid musim ini.

Kasus Sergio Ramos, di sisi lain, tidaklah mengejutkan. Sepanjang 2020/2021, ia cuma bermain sebanyak tujuh kali di pentas Liga Spanyol karena mengalami cedera.

Sukses Timnas Spanyol pada Euro 2008, 2010, dan 2012 tak lepas dari kinerja pemain Real Madrid. Tapi jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, sebetulnya peran penggawa Barcelona lebih menonjol.

Pada Euro 2008 misalnya, hanya Iker Casillas dan Sergio Ramos yang masuk. Xabi Alonso, Raul Albiol, dan Alvaro Arbeloa bergabung empat tahun kemudian.

Tetap saja, performa mereka masih kalah jika dibandingkan dengan pemain Barcelona seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

 

3 dari 4 halaman

Memaklumi Keputusan Luis Enrique

Lanjut ke Piala Dunia 2018, dari enam pemain Real Madrid yang masuk skuad Timnas Spanyol, Isco dan Nacho sudah melewati usia 30 tahun, sama seperti Ramos.

Sementara Carvajal 'sedikit lebih baik' ketimbang Ramos yang memainkan 13 laga di Liga Spanyol musim ini. Kemudian ada Asensio yang sering tampil, namun cuma menghasilkan tujuh gol saja.

Sedangkan Lucas Vazques lebih sering menghabiskan waktunya di meja pesakitan karena cedera. Beberapa hal pun bisa disimpulkan.

Pertama, perwakilan Spanyol di Real Madrid sudah terlampau tua untuk bersaing dengan kompetitor lain di Euro 2020. Tengok saja Inggris dan Prancis yang dihuni darah-darah muda.

Lalu yang kedua, penampilan pemain Spanyol di Real Madrid juga tidaklah memuaskan. Luis Enrique mungkin melihat dalam scope ini.

 

4 dari 4 halaman

Barcelona-sentris? Ah, Tidak Juga

Pada ulasan sebelumnya, Luis Enrique menyiratkan bahwa ia tidak anti-Madrid. Toh, ia juga tidak serta merta memborong pemain Barcelona di Timnas Spanyol untuk Euro 2020.

Buktinya, ia cuma membawa tiga pemain Barcelona. Mereka adalah Pedri, Sergio Busquets, dan Jordi Alba.

Luis Enrique juga memboyong pemain-pemain 'baru' seperti Aymeric Laporte, Eric Garcia, hingga Pablo Sarabia. Regenerasi agaknya menjadi acuan utama mantan pelatih Barcelona tersebut.

Tidak memanggil pemain-pemain berdasarkan status bintang juga jadi ciri Luis Enrique kali ini. Tengok saja Iago Aspas, Mikel Oyarzabal, hingga Gerard Moreno.

Belum lagi dipanggilnya Pau Torres dan Unai Simon yang nyaris tak terdengar sepanjang musim ini.

Luis Enrique baru memasukkan 24 nama dari maksimal 26 pemain. Apakah ia akan menambah pemain lagi? Dan, apakah dua pemain itu berasal dari Real Madrid?

Video Populer

Foto Populer