Jelang Euro 2020, Ini Julukan Tim Peserta di Grup E dan F Piala Eropa

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 27 Mei 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 14:30 WIB
Logo Pesta Bola Eropa
Logo Pesta Bola Eropa (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Euro 2020 akan segera bergulir kurang dari satu bulan lagi. Persaingan menarik akan tersaji dalam setiap grupnya, tak terkecuali Grup E dan F yang berisikan tim-tim dengan kualitas yang bagus.

Grup E Euro 2020 diisi oleh Timnas Spanyol yang akan menjadi satu di antara beberapa tuan rumah penyelenggara Euro 2020. Tim asuhan Luis Enrique ini menjadi favorit untuk melangkah ke fase knockout.

Selain Spanyol, Grup E diisi oleh Timnas Swedia, yang kali ini tidak menyertakan Zlatan Ibrahimovic, Timnas Polandia, dan Timnas Slovakia. Akan menarik menantikan siapa yang kira-kira akan mendampingi Spanyol melangkah ke fase berikutnya.

Sementara di Grup F akan menjadi grup maut. Setidaknya ada tiga tim yang akan bersaing ketat di dalam grup ini. Timnas Jerman, yang juga merupakan satu di antara beberapa tuan rumah Euro, akan bersaing ketat dengan Prancis dan juara bertahan Portugal untuk bisa lolos ke fase selanjutnya.

Selain tiga tim unggulan tersebut, Grup F juga diisi oleh Hongaria. Tim yang satu ini juga menjadi satu di antara beberapa tim tuan rumah penyelenggara Euro 2020.

Tentu menarik kan? Sebelum menyaksikan persaingan yang ada di Grup E dan F Euro 2020, ada baiknya kita melihat julukan kedelapan tim yang ada di dalamnya, termasuk maknanya.

2 dari 4 halaman

Grup E

Piala Eropa - Profil Grup E
Piala Eropa - Profil Grup E (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Polandia - Biało-czerwoni, Orly

Biało-czerwoni merupakan bahasa Polandia untuk Putih-Merah. Ini merupakan warna kebesaran bendera Polandia. Sementara Orly merupakan bahasa Polandia untuk burung Elang yang menjadi lambang kebesaran negara tersebut, yang juga menjadi logo di dada jersey Timnas Polandia.

  • Spanyol - La Roja, La Furia Roja

La Roja merupakan bahasa Spanyol dari Merah, seragam kebesaran Timnas Spanyol dari masa ke masa, yang juga merupakan warna yang digunakan oleh pada matador untuk memancing banteng dalam rodeo, yang merupakan hiburan khas Spanyol.

Sementara La Furia Roja memiliki arti merah yang membara atau dahsyat. Bisa dibilang artinya Timnas Spanyol yang memiliki warna kebesaran merah selalu memiliki semangat yang membara.

  • Swedia - Blågult

Blågult merupakan istilah kebesaran Swedia yang memiliki arti Kuning Biru. Ini merupakan warna kebesaran dalam bendera Swedia yang memiliki dasar warna biru dengan garis vertikal-horizontal menyerupai salib berwarna kuning.

  • Slovakia - Sokoli, Repre

Sokoli merupakan kata dalam bahasa Slovak yang memiliki arti Elang. Timnas Slovakia memang diibaratkan sebagai Elang yang terbang tinggi dengan gagah berani. Sementara Repre merupakan kependekan dari Representative, atau perwakilan negara yang kerap digunakan oleh masyarakat Slovakia untuk tim nasionalnya.

3 dari 4 halaman

Grup F

Piala Eropa - Profil Grup F
Piala Eropa - Profil Grup F (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Prancis - Les Bleus

Istilah dalam bahasa Prancis yang memiliki arti pasukan biru, warna kebesaran Timnas Prancis selama bertahun-tahun.

  • Jerman - Nationalelf, Die Mannschaft

Nationalelf merupakan bahasa Jerman untuk tim nasional. Sementara itu, Timnas Jerman selama bertahun-tahun dikenal dengan julukan Die Mannschaft, yang merupakan istilah dalam bahasa Jerman yang artinya sebuah tim.

  • Hongaria - Magyarok, Nemzeti Tizenegy

Magyarok merupakan bangsa asli Hongaria yang secara genetik dan budaya dengan suku Hongaria. Sementara Nemzeti Tizenegy merupakan istilah dalam bahasa Magyar yang memiliki arti National Eleven, atau 11 pemain nasional

  • Portugal - A Seleção, Os Navegadores

A Selecao memiliki arti yang sama dengan julukan Timnas Brasil, yang artinya adalah para pemain yang sudah terseleksi atau pemain yang terpilih. Julukan ini ditujukan kepada para pemain Timnas Portugal yang terpilih untuk menjadi perwakilan negara di pentas dunia.

Sementara untuk Os Navegadores merupakan bahasa Portugis untuk menyebut para penjelajah. Mengingat sejarah bangsa Portugis yang juga merupakan penjelajah di seluruh dunia, termasuk sampai ke Asia, para pemain Timnas Portugal yang mewakili negara pun selayaknya menjadi penjelajah yang berusaha menaklukkan dunia.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓