Kisah Timnas Portugal Menjuarai Piala Eropa 2016: Tangis Haru dan Bahagia Cristiano Ronaldo

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 05 Jun 2021, 06:15 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 16:20 WIB
Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Prancis, 1-0. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Jelang berlaga bersama Timnas Portugal di Euro 2020, bintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo, berbagi kisah mengenai pengalaman menjuarai turnamen sepak bola Eropa itu pada 2016. Bintang Juventus itu mengaku menangis bahagia setelah memastikan Portugal bisa menjadi juara untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Cristiano Ronaldo punya begitu banyak gelar juara dalam kariernya. Bicara level klub, bintang Portugal itu pernah menjadi juara liga di Inggris, Spanyol, dan Italia. Tak hanya itu saja, Cristiano Ronaldo juga sudah merasakan predikat top scorer di ketiga kompetisi tersebut.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo juga punya lima gelar juara Liga Champions. Namun, meski berhasil meraih begitu banyak gelar juara di level klub, Cristiano Ronaldo mengaku tidak ada yang memiliki sensasi lebih emosional dibandingkan ketika membawa Timnas Portugal menjuarai Euro 2016.

Ketika itu, Portugal berhasil menjuarai Piala Eropa setelah mengalahkan Timnas Prancis di final. Ini merupakan gelar juara yang pertama kalinya dirasakan oleh Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal.

"Euro 2016 awalnya berjalan dengan baik bagi saya, tapi kemudian saya sedih karena saya mengalami cedera di final," ujar Cristiano Ronaldo.

"Pada akhir pertandingan, saya menangis bahagia! Saya mengalami tiga jenis perasaan dan emosi dalam permainan itu. Tapi, pada akhirnya, sungguh luar biasa apa yang saya rasakan!" ujar bintang lapangan hijau yang punya pengalaman menjuarai Liga Champions bersama Manchester United dan Real Madrid itu.

2 dari 3 halaman

Memberikan Motivasi dari Pinggir Lapangan

Momen Cristiano Ronaldo Jadi Asisten Pelatih Dadakan Portugal
Cristiano Ronaldo memberikan instruksi kepada pemain Portugal saat melawan Prancis di laga Final Euro 2016 di Stade de France pada 10 Juli 2016. Portugal menang 1-0 atas Prancis. (AFP/Martin Bureau)

Cristiano Ronaldo mengalami cedera dan hanya bermain selama 25 menit dalam laga final Euro 2016. Tanpa Cristiano Ronaldo di lapangan, Portugal mampu menang 1-0 atas Prancis yang saat itu berstatus tuan rumah.

Cristiano Ronaldo memang tidak memberikan kontribusi langsung di lapangan hijau. Namun, ia tetap memiliki peran penting dalam laga tersebut.

Cristiano Ronaldo aktif memberikan instruksi darn motivasi kepada rekan-rekan setimnya dalam pertandingan tersebut. Hingga akhirnya gelar juara benar-benar menjadi milik mereka.

"Ini mungkin trofi terpenting yang saya menangkan dalam hidup saya. Itu sangat emosional. Akan sangat luar biasa jika bisa meraih kemenangan lagi, dan tentu saja kami melangkah ke Euro 2020 dengan ambisi," ujar Cristiano Ronaldo.

"Kami memiliki tim yang bagus tapi kami juga tahu ada banyak tim yang sangat kuat di sana," lanjutnya.

Sumber: LiveScore

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 4/6/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓