Sukses


Tak Hanya Cristiano Ronaldo, Ini 4 Pilar Penting Timnas Portugal di Euro 2020 (Euro 2021)

Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal menatap Euro 2020 dengan percaya diri. Berstatus sebagai juara bertahan, Portugal bertekad untuk memetik hasil terbaik dan kembali mengangkat trofi juara.

A Selecao lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dengan status runner-up Grup B dengan nilai 17. Mereka tertinggal dua poin dari Ukraina yang melenggang ke Euro 2020 sebagain pemuncak grup.

Pada putaran final, Timnas Portugal tergabung di grup neraka. Mereka menghuni Grup F bersama Hungaria, Prancis, dan Jerman. Pada laga perdana fase grup, Portugal akan meladeni Hungaria di Puskas Arena, 15 Juni mendatang.

Meski menempati grup berat, Timnas Portugal diprediksi bakal lolos ke fase selanjutnya. Apalagi, deretan pemain bintang terhampar di tim asuhan Fernando Santos tersebut.

Sosok utama di skuad Timnas Portugal tentu saja masih Cristiano Ronaldo. Namun, beberapa pemain lain siap mencuri panggung di Euro 2020 kali ini. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 7 halaman

Pepe

Terlepas dari usianya yang sudah menginjak 38 tahun, kontribusi Pepe masih tak bisa dianggap remeh. Bek berkepala plontos itu masih menjadi andalan Porto dalam beberapa musim terakhir.

Sepanjang musim 2020/2021, Pepe tercatat tampil sebanyak 40 kali bagi Porto di semua kompetisi. Dia pun ikut andil membawa timnya melaju hingga perempat final Liga Champions.

Dengan 114 caps yang sudah dikantongi, Pepe jelas bakal memberikan kontribusi besar berupa pengalaman bagi skuad Portugal di Euro 2020 nanti.

3 dari 7 halaman

Renato Sanches

Ketika Portugal menjuarai Euro 2016 lalu, salah satu bintang baru yang mencuat adalah Renato Sanches. Saat itu, Sanches baru berusia 18 tahun, tetapi daya jelajahnya di lapangan tak tertandingi.

Sayang bagi Sanches, kariernya selepas Euro 2016 sempat meredup sejak memutuskan untuk menerima pinangan Bayern Munchen, dan kemudian sempat dipinjamkan ke Swansea City.

Hebatnya, Sanches sukses bangkit sejak memperkuat Lille. Musim 2020/2021 kemarin, Renato Sanches berandil besar membawa Lille menjuarai Ligue 1 untuk pertama kali sejak satu dekade terakhir.

4 dari 7 halaman

Bruno Fernandes

Tak bisa dipungkiri, bintang paling bersinar Portugal saat ini selain Cristiano Ronaldo adalah Bruno Fernandes. Performa mengkilap yang ditunjukkan bersama Manchester United menjadi alasannya.

Sepanjang musim 2020/2021, Fernandes tampil sebanyak 58 kali bagi MU dengan menyumbang 28 gol dan 17 assist. Sebuah catatan luar biasa untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang serang.

Setelah menjadi salah satu aktor utama kesuksesan Portugal menjuarai ajang UEFA Nations League, Fernandes kini diyakini bakar menjadi bintang di Euro 2020.

5 dari 7 halaman

Andre Silva

Andre Silva sempat bersinar bersama Portugal selepas Euro 2016. Namun, performa pemain kelahiran 6 November 1995 itu sempat menurun, terutama ketika memperkuat AC Milan.

Silva secara perlahan sukses menemukan kembali ketajamannya di depan gawang lawan sejak dipinjamkan ke Sevilla dan kemudian ke Eintracht Frankfurt.

Musim 2020/2021 kemarin, Andre Silva sukses mencetak 28 gol di Bundesliga. Catatan ini memcahkan rekor pencetak gol terbanyak Frankfurt dalam satu musim.

 

6 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Dari sekian bintang yang dimiliki Portugal, satu nama yang hingga kini masih bersinar lebih terang dari lainnya adalah Cristiano Ronaldo, meski usianya sudah tidak muda lagi.

Pada usia 36 tahun, Ronaldo masih sangat produktif mencetak gol. Musim ini, CR7 mencetak 29 gol di Serie A untuk Juventus yang membuatnya meraih gelar capocannoniere.

Selain itu, Ronaldo juga mencetak lebih dari 100 gol bagi Portugal, menjadi nama kedua yang melakukannya setelah Ali Daei. Menarik ditunggu bagaimana kiprah Ronaldo di Euro 2020 kali ini.

 

7 dari 7 halaman

Kumpulan Pemain Lain

Selain kelima pemain di atas, masih ada sejumlah nama yang layak dikedepankan menjadi pemain kunci Portugal di pentas Euro 2020 nanti, dimulai dari Rui Patricio di sektor penjaga gawang.

Beralih ke sektor pertahanan, masih ada nama bek senior lainnya, Jose Fonte hingga bek sayap kanan eksplosif Joao Cancelo. Keduanya tampil apik bersama klub masing-masing pada musim 2020/2021.

Sementara itu, di lini tengah masih ada nama duo Wolverhampton, Joao Moutinho dan Ruben Neves, pemain Manchester City Bernardo Silva, hingga bintang muda yang baru saja sukses mengantar Sporting CP juara, Pedro Goncalves.

Lini depan menjadi kekuatan utama Portugal. Selain Ronaldo dan Andre Silva, masih ada nama-nama seperti Goncalo Guedes, Diogo Jota, hingga pemain belia Joao Felix.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, Published: 06/06/2021)

Video Populer

Foto Populer