MOTION GRAFIS: Profil Legenda Cristiano Ronaldo, Top Skorer Sepanjang Masa Portugal

Oleh Dody Iryawan pada 09 Jun 2021, 09:10 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 09:10 WIB

Bola.com, Jakarta - Euro 2016 adalah panggung Cristiano Ronaldo. Setelah penantian panjang, Ronaldo akhirnya meraih trofi internasional pertamanya bersama Portugal.

Bertahun-tahun sudah Ronaldo dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Dia bersaing ketat dengan Lionel Messi di level tertinggi.

Masalahnya, dua pemain ini dianggap belum bisa jadi legenda selama belum mempersembahkan trofi untuk negaranya. Tantangan inilah yang dijawab Ronaldo.

Di Euro 2016, Ronaldo menunjukkan perannya sebagai kapten tim. Keberadaannya dalam tim Portugal sangat penting, padahal Ronaldo hanya mencetak tiga gol.

Ronaldo juga tidak bisa bermain penuh di laga final kontra Prancis, dia terpaksa ditarik karena cedera. Namun, Ronaldo tetap berada di tepi lapangan dan berperan sebagai pelatih kedua.

Duel final Euro 2016 pun berjalan penuh drama. Prancis jadi favorit, tapi setidaknya Portugal punya Ronaldo.

Ronaldo memasuki final ini dengan 3 gol saja, tidak terlalu produktif. Meski begitu, nama besar diyakini bisa membuat perbedaan.

Nahas, Ronaldo hanya bertahan 24 menit di lapangan. Lutut Ronaldo dihantam Dimitri Payet hingga memaksanya tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain Eropa dengan segudang prestasi. Tak hanya besama timnas, penghargaan individu banyak yang ia borong. Berikut profil lengkap Ronaldo.