Persaingan Euro 2020 di Mata Pelatih PSIS: Prancis Favorit Juara, Optimistis Italia Cemerlang

Oleh Vincentius Atmaja pada 10 Jun 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 14:15 WIB
PSIS Semarang, Dragan Djukanovic
Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic kembali berkumpul dengan para pemainnya dalam sesi latihan di Stadion Citarum, Jumat (19/3/2021). (Dok PSIS Semarang)

Bola.com, Semarang - Turnamen sepak bola akbar di Benua Biru, Euro 2020, segera digelar. Ada 24 tim yang siap untuk bertarung untuk menjadi yang terbaik di daratan Eropa dalam kompetisi empat tahunan yang sempat tertunda sejak musim panas 2020 lalu.

Euro 2020 akan bergulir mulai 11 Juni 2021 waktu setempat. Fase penyisihan grup akan berakhir pada 24 Juni dengan total sebanyak 36 pertandingan akan digelar. Italia kontra Turki akan menjadi partai pembuka Piala Eropa kali ini, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Beberapa tim tradisi tetap masuk unggulan sebagai tim yang difavoritkan untuk memenangi turnamen ini. Jerman, Prancis, Belanda, Inggris, Spanyol, Italia, hingga juara bertahan Portugal bakal sedikit lebih diunggulkan ketimbang tim-tim lain.

Perhelatan Euro 2020 ini ikut menarik perhatian pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic. Pelatih asal Montenegro itu punya prediksi tentang persaingan sengit yang bakal terjadi di Piala Eropa kali ini.

Dragan mengaku menjadi sebuah kesulitan baginya jika harus memilih atau menagokan tim mana yang akan keluar sebagai juara. Menurutnya, banyak negara dengan tradisi juar berbenah dan memiliki kans yang hampir sama.

"Sebenarnya cukup sulit menjawab pertanyaan itu. Beberapa negara memiliki kualitas yang hampir mirip, seperti Portugal, Prancis, Italia, dan Jerman," tutur Dragan Djukanovic, Rabu (9/6/2021).

Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak oleh Olivier Giroud ke gawang Bulgraria pada laga uji coba terakhir jelang Euro 2020 di Stade de France, Rabu (9/6/2021). Prancis menang dengan skor 3-0. (AP/Francois Mori)

"Tapi, sebenarnya saya pikir yang paling favorit adalah Timnas Prancis. Mereka tim kuat dan komplet di semua posisi menurut saya," lanjut pelatih PSIS Semarang itu.

Prediksi Dragan mengenai juara Euro 2020 itu bukan tanpa alasan. Timnas Prancis kini berstatus juara dunia setelah memenangi Piala Dunia 2018 di Rusia. Kemudian di fase grup nanti, akan ada ajang balas dendam menghadapi Portugal setelah Les Bleus, yang merupakan tuan rumah Euro 2016, kalah di pertandingan final.

2 dari 3 halaman

Ledakan Gli Azzurri

Timnas Italia
Timnas Italia menang dua gol tanpa balas atas Lithuania pada laga ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 di LFF Stadium, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. (AP Photo/Mindaugas Kulbis)

Selain menyebut nama Timnas Prancis sebagai favorit juara Euro 2020, Dragan juga menempatkan Timnas Italia sebagai pesaing terberat. Gli Azzurri di tangan Roberto Mancini tengah dalam tren yang memukau.

Ada satu sosok pemain Italia yang dianggap Dragan bakal menjadi penentu, yaitu Ciro Immobile. Striker Lazio itu akan menjadi satu di antara beberapa tumpuan Timnas Italia.

"Ada Mbappe, Lewandowski, Lukaku. Mereka punya catatan bagus di klub pada musim ini. Jadi saya rasa mereka masih akan melanjutkan performanya," ujar mantan pelatih Borneo FC itu.

"Tapi selalu ada satu pemain yang bisa membuat kejutan, yaitu Ciro Immobile dari Italia. Meski tetap sulit untuk ditebak, karena begitu banyak pemain yang bagus," lanjutnya. (Vincentius Atmaja)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Gol Tunggal Raheem Sterling Bawa Inggris Kalahkan Kroasia