Mantan Pelatih Timnas Inggris Ungkap Sisi Positif Jordan Henderson Ikut ke Euro 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Jun 2021, 05:30 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 05:30 WIB
Jordan Henderson, Liverpool
Kapten Liverpool, Jordan Henderson. (NAOMI BAKER / POOL / AFP)

Bola.com, Jakarta - Kapten Liverpool, Jordan Henderson, berhasil masuk dalam skuad Timnas Inggris untuk Euro 2020. Padahal Jordan Henderson sudah tidak bermain karena cedera sejak Februari lalu, tapi justru berhasil menyingkirkan sejumlah nama lain yang justru tampil bagus belakangan ini.

Pemanggilan Jordan Henderson ke skuad Inggris menimbulkan pro dan kontra. Tidak bermain sejak Februari lalu karena cedera membuat pemain Liverpool itu diragukan bisa maksimal membantu The Three Lions di Euro 2020 nanti.

Jordan Henderson baru kembali tampil kala Timnas Inggris menghadapi Rumania dalam laga uji coba akhir pekan lalu. Namun, Henderson juga mendapatkan sorotan setelah eksekusi penaltinya gagal berbuah gol.

Menurut mantan pelatih Timnas Inggris, Glenn Hoddle, pemanggilan Henderson memang cukup berisiko. Meski demikian, ia memahami keputusan Gareth Southgate memasukkan nama gelandang berusia 30 tahun tersebut ke dalam timnya.

"Henderson telah dibawa ke dalam skuad dan saya pikir itu adalah risiko. Tapi, saya bisa melihat Gareth mengatakan butuh pemain yang punya pengalaman untuk bisa menenangkan pemain lain di luar lapangan," ujar Glenn Hoddle kepada Betfair.

"Untuk waktu senggang ketika Anda tidak berlatih, pengalaman itu adalah kuncinya. Jika Anda tidak memiliki pemain seperti itu untuk bersandar dan menontonnya, itu bisa menjadi kesulitan," lanjut mantan pelatih Timnas Inggris di Piala Dunia 1998 itu.

2 dari 3 halaman

Figur Senior

Kapten timnas Inggris, Jordan Henderson.
Kapten timnas Inggris, Jordan Henderson. (AFP/Jewel Samad)

Selain itu, Glenn Hoddle menyandingkan keberadaan Jordan Henderson di skuad Timnas Inggris dengan para pemain senior di tim nasional lain.

"Sebagai pemain yang lebih muda, Anda melihat pemain yang lebih tua dan bagaimana mereka bereaksi dan menghadapinya," tutur Glenn Hoddle.

"Itulah mengapa seorang pemain seperti Thomas Muller yang kembali ke skuad Jerman akan sangat berharga, atau Karim Benzema di Timnas Prancis. Selalu ada teka-teki itu," tegasnya.

Sumber: Betfair

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 9/6/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓