Euro 2020: Jersey Kontroversial Timnas Ukraina di Piala Eropa Bikin Rusia Marah, Kenapa?

Oleh Gregah Nurikhsani pada 10 Jun 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 01:12 WIB
Jersey Ukraina
Jersey Ukraina menampilkan garis batas negara termasuk Semenanjung Krimea yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014. (STRINGER / AFP)

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Spak Bola Ukraina (UAF) menyematkan unsur geo-politik dalam seragam Euro 2020. Jersey tersebut menampilkan peta negara termasuk Semenanjung Krimea, yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

UAF mengungkapkan seragam baru untuk Piala Eropa pada hari Minggu (6/6/2021) yang menyiratkan 'kepemilikan' Ukraina atas Krimea, semenanjung yang dianeksasi secara paksa oleh Rusia pada tahun 2014. Jersey tersebut menampilkan garis besar perbatasan Ukraina, dan juga olahraga slogan nasionalis, "Kemuliaan bagi Ukraina, kemuliaan bagi para pahlawan!"

Mayoritas masyarakat internasional menganggap pencaplokan itu ilegal dan masih mengakui Krimea sebagai wilayah Ukraina. Rusia juga telah memberikan dukungannya di belakang separatis di Ukraina timur, di mana pertempuran selama tujuh tahun telah menewaskan lebih dari 14.000 orang.

Presiden UAF Andrii Pavelko mempresentasikan seragam baru di Facebook, menyebutnya sebagai simbol "tanah air tunggal dan tak terbagi" yang akan menginspirasi para pemain untuk "berjuang untuk seluruh Ukraina".

UEFA menyetujui rancangan dan desain jersey Timnas Ukraina untuk Euro 2020 meski Rusia marah dengan hal tersebut. Apa penyebabnya?

 

2 dari 4 halaman

Politisasi Olahraga?

Ukraina
Pemain Timnas Ukraina, Andriy Yarmolenko. (dok. Twitter/Ukraina)

Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut desain itu sebagai tindakan "putus asa", sementara seorang anggota parlemen dan mantan petinju Nikolai Valuev menyebut seragam itu sebagai "upaya yang tidak pantas untuk mempolitisasi olahraga."

"Mereka dapat bermimpi tentang apa yang mereka inginkan," kata Valuev, "tetapi Krimea adalah bagian dari Federasi Rusia. No debate!"

Anggota parlemen Rusia lainnya, Dmitry Svishchev, mengatakan jersey itu adalah isyarat politik yang dirancang untuk menarik olahraga ke dalam politik.

"Ini menyiapkan panggung untuk konflik menggunakan seragam,'' katanya. "Arena olahraga bukan untuk deklarasi politik."

 

3 dari 4 halaman

Untung Tidak Akan Saling Berhadapan

Profil Tim Ukraina
Piala Eropa 2020 - Profil Tim Ukraina (Bola.com/Adreanus Titus)

Ukraina dan Rusia sama-sama lolos ke turnamen 24 tim tetapi aturan UEFA yang berlaku sejak 2014 untuk memisahkan tim nasional kedua negara dan tim klub mencegah mereka untuk diundi bersama. Hasil undian babak grup Euro 2020 juga mencegah Ukraina dan Rusia untuk saling berhadapan di babak 16 besar.

Dalam turnamen yang tersebar di 11 kota, Rusia akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan Euro 2020 di St. Petersburg. Tidak ada yang akan melibatkan Ukraina.

Sumber: DW

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓