Jelang Euro 2020: Presiden Prancis Menjagokan N'Golo Kante Raih Ballon d'Or

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 12 Jun 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 13:15 WIB
FOTO: Awas Pep, N'golo Kante Ada Dimana-mana
Kante tampil penuh selama 90 menit. Ditempatkan di gelandang tengah berduet dengan Jorginho, Kante benar-benar tangguh menjaga wilayahnya. (Foto: AFP/Javier Soriano)

Bola.com, Jakarta - Dukungan untuk gelandang Chelsea, N'Golo Kante, untuk bisa menyabet penghargaan Ballon d'Or tahun ini terus mengalir. Setelah pelatih Timnas Prancis, Didier Dechamps, dan kompatriotnya yang bermain di Manchester United, Paul Pogba, kini Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang menyampaikan dukungannya jelang Les Bleus tampil di Euro 2020.

N'Golo Kante mendapatkan banyak pujian atas performa apiknya bersama Chelsea pada musim 2020/2021. Meski sempat kesulitan pada awal musim, Kante tampil luar biasa ketika memasuki paruh kedua musim hingga berakhir.

Gelandang berusia 30 tahun itu membawa Chelsea meraih gelar juara Liga Champions. Dalam laga final ketika Chelsea menang 1-0 atas Manchester City, Kante pun terpilih menjadi Man of the Match.

Menyusul performa apiknya di Liga Champions, Kante mendapatkan dukungan untuk meraih Ballon d'Or. Kali ini dukungan datang dari orang nomor satu di Prancis, yaitu Presiden Emmanuel Macron.

"N'Golo Kante adalah pemain hebat, seperti Kylian Mbappe, dan dia adalah contoh," ujar Macron kepada RMC Sport.

"Dia adalah contoh bagi para pemuda negara ini. Ketika melihat lagi musim yang dijalani Kante bersama klubnya, saya berharap Ballon d'Or menjadi miliknya dna saya percaya dia akan tampil bagus di Euro," lanjut Presiden Prancis itu.

Kante diprediksi bakal menjadi tulang punggung Timnas Prancis di Euro 2020. Mengacu kepada sukses Prancis menjuarai Piala Dunia 2018, Kante juga memainkan peran yang sangat penting di lini tengah Les Bleus.

2 dari 3 halaman

Bukan Sekadar Teknis

N'Golo Kante
N'Golo Kante dimainkan pelatih Didier Deschamps saat Prancis menang 2-1 atas Rumania pada laga pembuka Piala Eropa 2016. (FRANCK FIFE / AFP)

Presiden Macron menambahkan Kante, dan juga Kylian Mbappe, adalah contoh pemain yang ideal. Bukan hanya pada level teknis olahraga, keduanya juga dinilai punya nilai lebih. Macron sangat mengagumi kedua pemain tersebut.

"Kante dan Mbappe juga orang baik, dengan nilai-nilai kerja keras dan kebersamaan," kata Macron.

"Mereka setia kepada klub tempat mereka berasal. Saya pikir itu sangat penting bagi negara karena olahraga selalu lebih besar dari sekadar olahraga," tegas Macron.

Sumber: RMC Sport

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 11/6/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓