Euro 2020: Pengakuan Jose Mourinho Tolak Jabatan di Timnas Inggris dan Portugal

Oleh Wiwig Prayugi pada 11 Jun 2021, 22:45 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 22:45 WIB
10 Pelatih Hebat yang Tidak Terlalu Hebat saat Menjadi Pemain
Jose Mourinho bermain untuk klub Rio Ave 1980, Mou berganti klub ke Belenenses, Sesimbra dan Comércio e Indústria. Kurang sukses sebagai pemain, Mou banting setir jadi pelatih dan sukses bersama Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid. (AFP/Jack Guez)

Bola.com, Jakarta - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mengakui dia telah ditawari pekerjaan tim nasional. Mourinho mengatakan dia ditawari jabatan di Timnas Inggris dan Portugal selama kariernya.

Sepanjang karier melatih, Jose Mourinho sudah mampir di klub-klub top Eropa. Berbagai gelar pun sudah diraih. Namun, pelatih asal Portugal itu belum pernah sekalipun melatih timnas.

"Inggris ketika saya meninggalkan Chelsea, tetapi saya menyadari bahwa itu terlalu dini bagi saya," kata Mourinho kepada The Sun.

Mourinho meninggalkan Chelsea pada 2007 dan bergabung dengan Inter Milan. Pelatih berjulukan The Special One itu kembali ke Stampford Bridge pada 2013.

"Portugal ketika saya masih di Real Madrid. Itu adalah tawaran gila untuk pekerjaan paruh waktu."

Hingga usianya 58 tahun, Mourinho masih fokus melatih klub. Menurut dia, jabatan melatih tim nasional akan cocok ketika dia sudah puas di klub.

"Ini adalah jenis pekerjaan yang saya pikir akan saya nikmati nanti," tegas Jose Mourinho.

 

2 dari 3 halaman

Timnas Italia

Ekspresi Jose Mourinho Usai Dipecat Tottenham
Pelatih Tottenham Jose Mourinho terlihat saat sesi pemanasan sebelum pertandingan melawan Everotn pada lanjutan Liga Inggris di Goodison Park di Liverpool, Inggris pada 16 April 2021. Tottenham memecat Jose Mourinho pada hari Senin setelah hanya 17 bulan melatih. (Peter Powell/Pool via AP, File)

Untuk Euro 2020, Jose Mourinho memberi catatan khusus untuk Timnas Italia.

"Saya akan melihat pemain AS Roma yaitu Leonardo Spinazzola, Bryan Cristante, dan Lorenzo Pellegrini, tentu saja, saya akan fokus pada mereka," tulis Mourinho di The Sun, disadur dari Football Italia.

"Tapi, Timnas Italia adalah tim dengan campuran pemain berpengalaman yang bagus, orang-orang yang tahu cara menang. Mereka akan menjadi kuat. Mancini adalah manajer yang sangat berpengalaman. Dia menghabiskan 20 tahun melatih di liga-liga terbaik di negara-negara terbaik."

"Jadi, dia lebih dari siap dan dia sudah menunjukkan di fase kualifikasi betapa bagusnya dia. Timnas Italia telah banyak berkembang di bawahnya," jelas Mourinho.

Sumber: The Sun via Tribal Football

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓