5 Fakta Menarik Saat Timnas Belanda Lalui Perjuangan Berat untuk Kalahkan Ukraina di Euro 2020

Oleh Hendry Wibowo pada 14 Jun 2021, 05:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 05:30 WIB
Piala Eropa 2020 Belanda melawan Ukraina
Para pemain Belanda melakukan selebrasi setelah Denzel Dumfries mencetak gol ketiganya pada pertandingan grup C Euro 2020 antara Belanda melawan Ukraina di Johan Cruijff Arena, Amsterdam pada Senin (14/06/2021). (AP/Pool/Peter Dejong)

Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda dengan susah payah mengamankan tiga poin dari laga pertama Grup C Euro 2020 yang digelar di Amsterdam ArenA hari Senin (14/6/2021).

Bersua Timnas Ukraina yang diasuh legenda AC Milan, Andriy Shevchenko, De Oranje keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Laga di Grup C Euro 2020 ini berlangsung ketat. Karena Belanda sempat menang 2-0, lalu disamakan oleh Ukraina dan kemudian kembali unggul untuk mengemas tiga poin.

Tiga gol Timnas Belanda disumbangkan Georginio Wijnaldum, Wout Weghorst, dan Denzel Dumfries. Sementara dua gol Ukraina dibukukan oleh Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk.

Berkat kemenangan ini, Timnas Belanda menempati posisi kedua klasemen lewat torehan tiga poin. Mereka kalah agregat gol dari Austria, sang pimpinan klasemen yang mengandaskan Macedonia, 3-1.

Mengutip situs UEFA, Bola.com mencatat lima fakta menarik saat Timnas Belanda mengalahkan Ukraina pada laga pertama Grup C Euro 2020. Yuk scroll ke bawah untuk melihatnya.

2 dari 3 halaman

5 Fakta Menarik

Piala Eropa 2020 Belanda melawan Ukraina
Wout Weghorst melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan grup C kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belanda dan Ukraina di Johan Cruijff Arena, Amsterdam pada Senin (14/06/2021) dini hari WIB. (AP/Pool/Olaf Kraak)
  • 1. Timnas Belanda mencetak lebih dari satu gol pada laga pembuka Euro atau Piala Eropa hanya sebanyak dua kali dari total sembilan kesempatan.
  • 2. Timnas Belanda hanya menelan satu kekalahan pada sebelas pertandingan internasional terakhir mereka. Rinciannya mereka menang enam kali dan imbang empat kali.
  • 3. Timnas Ukraina menelan kekalahan pertama pada tujuh pertandingan terakhir (menang dua kali). Ini juga kekalahan pertama mereka sepanjang tahun 2021.
  • 4. Bukan hanya kalah, gol pertama Belanda yang dicetak Georginio Wijnaldum mengakhiri tiga laga tanpa kebobolan milik tim Ukraina asuhan Andriy Shevchenko.
  • 5. Tapi tercatat Timnas Ukraina hanya gagal mencetak gol sebanyak sekali dalam periode 23 pertandingan terakhir. Dua gol ke gawang Belanda menandakan tim ini punya potensi besar di lini depan pada ajang Euro 2020.

Sumber: UEFA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓