Superstar Euro 2020: Denzel Dumfries Pahlawan Kemenangan Timnas Belanda

Oleh Hendry Wibowo pada 14 Jun 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 08:04 WIB
Denzel Dumfries
Pemain Timnas Belanda, Denzel Dumfries (AP).

Bola.com, Jakarta - Namanya Denzel Dumfries. Dia jadi pahlawan kemenangan Timnas Belanda atas Ukraina dengan skor 3-2 pada laga pembuka Grup C Euro 2020, Senin (14/06/2021) dini hari WIB.

Gol yang dicetak Denzel Dumfries sangat penting. Karena sebelumnya Timnas Belanda sempat unggul 2-0 lalu disamakan oleh Ukraina.

Menariknya Denzel Dumfries yang bermain sebagai wingback muncul sebagai pahlawan Timnas Belanda lewat gol via sundulan. Dengan mantap ia menerima umpan crossing Nathan Ake.

Sundulannya tidak begitu kuat. Namun menuju pojok gawang yang mempersulit kiper Ukraina, George Buschan. Semakin spesial bukan hanya pahlawan Timnas Belanda, gol ke gawang Ukraina merupakan yang pertama untuk sang pemain pada pentas internasional.

"Itu adalah momen yang hebat. Saya frustrasi karena saya ingin mencetak gol di babak pertama, jadi sangat melegakan memiliki kesempatan dan menyelesaikannya dengan sempurna," kata Denzel Dumfries.

"Alasan saya mencetak gol adalah karena kami terus percaya. Saya tahu bakal ada lebih banyak peluang dan Anda harus siap ketika saatnya tiba," lanjut pemain PSV Eindhoven itu.

 

2 dari 3 halaman

Star of the Match

Piala Eropa 2020 Belanda melawan Ukraina
Para pemain Belanda melakukan selebrasi setelah Denzel Dumfries mencetak gol ketiganya pada pertandingan grup C Euro 2020 antara Belanda melawan Ukraina di Johan Cruijff Arena, Amsterdam pada Senin (14/06/2021). (AP/Pool/Peter Dejong)

Selaku pencetak gol kemenangan, tidak heran kalau UEFA menganugerahkan Star of the Match kepada Denzel Dumfries. Pemain berusia 25 tahun itu tanpa letih menjalankan perannya sebagai wingback dengan naik turun menyusuri sisi kanan De Oranje.

Ada beberapa kesempatan di mana Dumfries nyaris mencetak gol untuk Timnas Belanda. Salah satunya tercipta pada menit ke-5. Jika bukan karena aksi Georgi Bushchan yang begitu apik, Dumfries seharusnya mampu mengantongi dua gol di laga ini.

Whoscored sendiri memberikan rating 7.2 untuk penampilan pemain PSV Eindhoven tersebut. Ia melepaskan total tiga kali tembakan yang dua di antaranya berhasil menemui sasaran.

Dumfries jarang membuat operan. Namun sekalinya dilakukan, ia nyaris tanpa kesalahan. Whoscored mencatat kalau sang wingback mampu menyelesaikan 31 dari 38 operan dan tidak ketinggalan melakukan satu key pass.

Dumfries juga melakukan empat duel udara yang semuanya berhasil dimenangkan. Namun dari segi pertahanan, ia tidak begitu baik. Dumfries dilewati pemain lawan sebanyak dua kali dan hanya mampu menuntaskan satu tackling dari tiga percobaan.

 

Sumber: UEFA/Whoscored

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓