Euro 2020 : 8 Penggawa Timnas Belanda Yang Hanya Jadi Penonton pada Laga Piala Eropa 2020 Tadi Malam

Oleh Nurfahmi Budi pada 14 Jun 2021, 08:48 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 08:48 WIB
Foto Piala Eropa: Drama Lima Gol, Belanda Akhirnya Memenangkan Duel Sengit Melawan Ukraina pada Laga Grup C Euro 2020
Pada babak ke dua, tepatnya menit ke-52, Belanda akhirnya memcah kebuntuannya. Kesalahan Bushchan ketika menghalau umpan silang dari Dumfries, dimanfaatkan oleh Wijnaldum menjadi gol. Belanda unggul atas Ukraina dengan skor 1-0. (Foto: AP/Pool/Peter Dejong)

Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda mengawali perjalanan Euro 2020 dengan hasil gemilang, Senin (14/6/2021) dini hari WIB. Berlaga di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda unggul atas Ukraina.

Timnas Belanda menundukkan Ukraina dengan skor 3-2. Gol dari Denzel Dumfries pada menit ke-85 menjadi penentu kemenangan. Sebelumnya, tuan rumah sempat unggul dua gol melalui Georginio Wijnaldum (52') dan Wout Weghorst (58').

Ukraina membuat publik di stadion yang dulu bernama Amsterdam Arena tersebut, harus diam. Hal itu terjadi ketika Andriy Yarmolenko (75') dan Roman Yaremchuk (79') menjebol jala Maarten Stekelenburg.

Bukan hal mudah bagi Timnas Belanda menggapai kemenangan perdana di Piala Eropa 2020. Pelatih Frank de Boer harus memutar otak, sampai akhirnya mendapatkan hadiah atas kejeliannya.

Namun, di balik keberhasilan menang dengan cara menegangkan, ada pemain yang gagal berkontribusi. Tapi jangan salah sangka, karena mereka hanya duduk di bangku cadangan.

 

2 dari 3 halaman

Daftar Nama

Foto Piala Eropa: Drama Lima Gol, Belanda Akhirnya Memenangkan Duel Sengit Melawan Ukraina pada Laga Grup C Euro 2020
Memphis Depay dan skuatnya terus melakukan serangan ke lini pertahanan Ukraina, namun hasil kacamata bertahan hingga peluit turun minum dibunyikan. (Foto: AFP/Pool/John Thys)

Yup, beberapa nama penggawa Timnas Belanda tak merumput. Mereka terdiri dari nama-nama beken, plus pemain yang berharap bisa melakoni debut. Sebut saja di sana ada bomber Feyenoord, Steven Berghuis, Quincy Promes, kiper Tim Krul dan Davy Klaassen.

Lalu ada juga bintang muda Ajax Amsterdam, Ryan Gravenberch, Marco Bizot, Teun Koopmeiners dan penyerang PSV Eindhoven, Cody Gakpo. Nama terakhir menjadi sosok yang sempat punya harapan bisa melakoni debut bersama Timnas Belanda.

 

3 dari 3 halaman

Video Belanda

Lanjutkan Membaca ↓