Euro 2020: Frank de Boer Ungkap Penyebab Timnas Belanda sampai Ngos-ngosan Kalahkan Ukraina

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Jun 2021, 11:10 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 11:10 WIB
Piala Eropa 2020 Belanda melawan Ukraina
Wout Weghorst melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan grup C kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belanda dan Ukraina di Johan Cruijff Arena, Amsterdam pada Senin (14/06/2021) dini hari WIB. (AP/Pool/Olaf Kraak)

Bola.com, Amsterdam - Timnas Belanda meraih kemenangan 3-2 atas Ukraina pada laga pembuka Grup C Euro 2020 yang digelar di Johan Cruijff ArenA, Senin (14/6/2021) dini hari WIB. Pelatih Frank de Boer mengaku timnya susah payah meraih kemenangan karena mendapatkan tekanan masif dari Ukraina.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Belanda sebenarnya berhasil unggul dua gol lebih dulu melalui aksi Georginio Wijnaldum (52' dan Wout Weghorst (58'). Namun, Ukraina berhasil bangkit dan mencetak gol penyeimbang melalui aksi Andriy Yarmolenko (75') dan Roman Yaremchuk (79').

Beruntung Belanda memiliki Denzel Dumfries yang mencetak gol pada menit ke-85 sekaligus memberikan kemenangan untuk Timnas Belanda. Pelatih Frank de Boer secara khusus memberikan pujian kepada Ukraina yang mampu memberikan tekanan kepada timnya.

"Kami tahu, Ukraina adalah tim yang bagus. Ketika mereka menghadapi tekanan dari kami, mereka mampu melawannya dan menemukan peluang baru," kata Frank de Boer seperti dikutip situs resmi UEFA.

"Anda harus mencoba untuk tidak memberikan momen berbahaya kepada lawan," ucap Frank de Boer.

Kemenangan ini membuat Timnas Belanda berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup C Euro 2020 dengan raihan tiga poin. Tim berjulukan De Oranje itu kalah selisih gol dari Austria sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi poin sama.

2 dari 3 halaman

Duel Krusial

Foto Piala Eropa: Drama Lima Gol, Belanda Akhirnya Memenangkan Duel Sengit Melawan Ukraina pada Laga Grup C Euro 2020
Memphis Depay dan skuatnya terus melakukan serangan ke lini pertahanan Ukraina, namun hasil kacamata bertahan hingga peluit turun minum dibunyikan. (Foto: AFP/Pool/John Thys)

Timnas Belanda berpeluang mengkudeta posisi puncak klasemen sementara Grup C Euro 2020. Pada laga selanjutnya, Belanda akan menghadapi Austria (18/6/2021).

Kemenangan tentu menjadi harga mati untuk tetap menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Namun, Austria tentu tak boleh dipandang sebelah mata.

Meraih kemenangan pada laga pembuka Grup C Euro 2020 memberikan suntikan motivasi untuk Austria. Menarik untuk menyaksikan duel krusial yang bakal tersaji di Johan Cruijff ArenA itu.

Sumber: UEFA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓