Euro 2020: Tampil Gemilang di Lini Tengah Timnas Inggris, Kalvin Phillips Dapat Pujian Selangit

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Jun 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 16:45 WIB
Kalvin Phillip
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, melayangkan pujian selangit untuk Kalvin Phillip di lini tengah saat melawan Kroasia di Euro 2020. (AFP/Laurence Griffiths)

Bola.com, London - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memberikan pujian kepada Kalvin Phillips yang tampil gemilang dalam laga pembuka Grup D Euro 2020 melawan Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021).

Gol kemenangan Timnas Inggris dicetak Raheem Sterling pada menit ke-57'. Sterling berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Phillips. 

Tak hanya menjadi kreator gol Raheem Sterling, Kalvin Phillips juga punya peran penting dalam menahan gempuran para pemain Kroasia di lini tengah.

Sepanjang pertandingan, gelandang Leeds United itu bersama Declan Rice bertugas sebagai double pivot. Keduanya sukses membuat Luka Modric yang berperan sebagai motor serangan Kroasia mati kutu.

"Kalvin adalah seorang pemuda luar biasa untuk diajak bekerja sama. Sangat sederhana dan saya pikir penampilannya luar biasa. Kontribusinya terhadap gol sudah menyimpulkan harinya," kata Gareth Southgate seperti dikutip situs resmi UEFA.

"Dia secara teknik bagus dan kami juga mengetahui kekuatannya di lini tengah akan penting. Kami harus memperlakukan gelandang lawan dengan ketat dan Mason Mount, Kalvin Phillip, serta Declan Rice sudah melakukannya dengan sangat baik secara bersama-sama dengan pemain sayap," tegas Gareth Southgate.

Penampilan gemilang itu menjadi jawaban berkelas yang diberikan Kalvin Phillips kepada pihak-pihak yang meragukannya. Maklum, banyak suara-suara sumbang yang datang mengiringi pemanggilan Kalvin Phillips ke Timnas Inggris untuk Euro 2020.

2 dari 3 halaman

Statistik Gemilang

Kalvin Phillips
Ekspresi pemain Timnas Inggris, Kalvin Phillips, saat laga kontra Kroasia pada Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (14/6/2021). (AFP/Glyn Kirk)

Kalvin Phillips tampil penuh bersama Timnas Inggris saat menghadapi Kroasia. Pemain berusia 25 tahun itu memberikan penampilan gemilang sepanjang laga.

Phillips mencatat akurasi umpan 94 persen. Semua umpan panjang yang dilakukannya sukses menemui sasaran. Kalvin Phillips juga tercatat melakukan empat tekel di lini tengah.

Sang gelandang membukukan empat operan progresif selama 90 menit. Satu di antaranya berhasil dituntaskan Raheem Sterling menjadi gol.

Sumber: UEFA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓