Luis Enrique: Timnas Spanyol Bukan Favorit Juara Euro 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Jun 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 18:00 WIB
Timnas Spanyol
Timnas Spanyol meraih kemenangan 3-1 atas Kosovo pada laga ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio de La Cartuja, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. (AFP/CRISTINA QUICLER)

Bola.com, Seville - Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, menegaskan anak asuhnya bukan favorit juara di Euro 2020. Penilaian itu diungkapkan Enrique karena masih banyak tim yang lebih bagus.

Timnas Spanyol berada di Grup E Euro 2020. Skuad berjulukan La Furia Roja itu akan bersaing dengan Polandia, Slovakia, dan Swedia.

Secara kualitas, Timnas Spanyol yang tampil di Euro 2020 diragukan banyak pihak. Tim asuhan Luis Enrique itu dianggap tak lebih baik dibandingkan ketika menjuarai Euro pada 2008 dan 2012.

"Anda tidak bisa mengatakan tim favorit. Kami berada di turnamen yang dihuni para favorit. Hal itu dilihat dari apa yang telah kami raih dalam turnamen terakhir," kata Luis Enrique seperti dikutip situs resmi UEFA.

Luis Enrique menyebut, setidaknya ada tujuh tim yang layak menyandang favorit juara Euro 2020. Namun, Enrique senang bila ada pihak yang menyebut Timnas Spanyol masuk dalam daftar favorit itu.

"Kami juga bukan favorit dalam turnamen saat ini karena yang lebih pantas adalah juara bertahan saat ini (Timnas Portugal). Ada enam hingga tujuh tim yang dapat bersaing menjadi favorit, namun saya senang jika ada orang yang menganggap kami ada di kelompok itu," tegas Luis Enrique.

2 dari 3 halaman

Duel Krusial

Timnas Spanyol
Santi Cazorla terkesan dengan cara pelatih Luis Enrique dalam membangun skuat Timnas Spanyol yakni dengan dihuni banyak pemain muda. (AFP/Sergei Supinsky)

Timnas Spanyol akan mengawali kiprah di Euro 2020 melawan Swedia pada Selasa (15/6/2021) dini hari WIB. Laga ini akan sangat krusial untuk bisa menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Pertandingan nanti akan menjadi edisi ke-15 sepanjang sejarah. Timnas Spanyol dominan dengan enam kemenangan dan lima kali imbang, sedangkan Swedia meraih tiga kemenangan.

Timnas Spanyol juga tak terkalahkan dalam empat pertemuan terakhir melawan Swedia (tiga menang dan sekali imbang). Swedia terakhir mampu mengalahkan Spanyol pada laga Kualifikasi Euro 2008 (7/10/2006) dengan skor 2-0.

Sumber: UEFA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓