Sukses


Cristiano Ronaldo di Ambang Rekor Pencetak Gol Terbanyak Pentas Internasional, Bisakah Terpecahkan di Euro 2020?

Bola.com, Jakarta - Megabintang Cristiano Ronaldo bakal melakoni laga pertama pada ajang Euro 2020. Timnas Portugal dijadwalkan berjumpa dengan Hungaria dalam matchday pertama Grup F di Puskas Arena, Budapest, Selasa (15/6/2021) malam.

Kapten Timnas Portugal itu berpotensi mencatatkan rekor baru dalam ajang ini. Dia berpeluang untuk menjadi top scorer alias pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level internasional bersama tim nasional yang dibelanya.

Penyerang milik Juventus itu kini telah mengoleksi 104 gol bersama Portugal dan menduduki posisi kedua rekor ini. Torehan itu hanya kalah dari pemain Iran, Ali Daei, yang tercatat menyumbang 109 gol untuk Timnas Iran.

Ali Daei mencetak gol sebanyak itu selama 13 tahun berseragam Timnas Iran antara 1993-2006. Artinya, pria yang kini berusia 52 tahun itu sudah memutuskan pensiun dan tak aktif bermain lagi. Cristiano Ronaldo tentu berkesempatan melewati rekornya.

Ali Daei justru berharap banyak rekornya itu bisa dipecahkan oleh Ronaldo. "Saya sangat berharap Cristiano Ronaldo akan mencapai rekor gol saya untuk tim nasional," ujarnya. 

"Sama sekali tidak (saya akan terluka), itu akan menjadi kehormatan nyata bagi saya jika seorang pemain di kelasnya bisa melakukannya. Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik, tidak hanya pada masanya, tetapi sepanjang masa. Dia adalah fenomena mutlak." 

"Saya akan mengucapkan selamat kepadanya secara langsung (karena memecahkan rekornya), tetapi pertama-tama dia harus ke sana,” imbuhnya.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Rekor Demi Rekor

Berbagai rekor gol sudah dilewati oleh Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal. Catatan pencetak gol terbanyak Timnas Portugal telah ditembusnya pada November 2013 saat dia mengungguli Pauleta yang sudah mencetak 48 gol.

Ronaldo kemudian menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak untuk tim nasional di Eropa tiga tahun silam, Juni 2018, dengan koleksi 85 gol. Dua tahun, pada September 2020, berselang dia menembus angka 100 gol.

Gol-gol yang dicetaknya juga terbilang variatif. Dia pernah melakukannya dengan 56 gol lahir dari kaki kanan, 23 di antaranya dari kaki kiri, dan 25 sisanya lewat sundulan. Dengan telah membukukan 172 caps, Ronaldo memiliki rata-rata 0,6 gol per pertandingan internasional.

Tapi, tantangan Ronaldo untuk melewati jumlah gol Ali Daei tentu tak mudah. Dia harus berjumpa dengan Hungaria, Jerman, dan Prancis di Grup F.

Dari tiga tim calon lawan itu, hanya Hungaria yang pernah dibobolnya dengan empat gol. Ronaldo tercatat sudah empat kali berjumpa Jerman dan enam kali menghadapi Prancis, tapi sama sekali belum pernah membawa gawang kedua timnas tersebut.

Dengan berbagai catatan itu, akankah Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk timnas di Euro 2020 ini?

"Saya berhasil mengalahkan tonggak sejarah 100 gol ini, dan sekarang (saya akan berusaha) untuk memecahkan rekor itu. Ini selangkah demi selangkah. Saya tidak terobsesi karena saya yakin rekor itu datang dengan sendirinya cara alami,” pemenang lima Ballon d’Or itu.

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer