Sukses


Catatan Kiprah Karim Benzema di Euro 2020 Setelah 6 Tahun Dicampakkan Timnas Prancis: Bukukan 1 Tembakan, 0 Gol

Bola.com, Jakarta - Karim Benzema akhirnya kembali merasakan atmosfer pertandingan kompetitif di level internasional. Dia masuk dalam starting XI saat Timnas Prancis berjumpa dengan Jerman dalam Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munchen, Rabu (16/6/2021).

Sebelum pertandingan itu nama Karim Benzema sempat menghilang selama enam tahun terakhir. Padahal, striker berusia 33 tahun tersebut termasuk pemain andalan Les Bleus di lini depan. Kariernya juga moncer bersama Real Madrid sejak 2009.

Benzema mengawali karier bersama Timnas Prancis senior pada 2007, saat masih berusia 19 tahun. Di laga debutnya, dia berhasil mencetak satu gol yang menjadi penentu kemenangan 1-0 atas Austria dalam laga persahabatan yang digelar 28 Maret 2007.

Setelah itu, namanya menjadi pilar utama Prancis di dua ajang Euro pada 2008 dan 2012. Pemain berdarah Aljazair itu juga masuk skuat Les Bleus di Piala Dunia 2010 dan 2014.

Benzema memiliki catatan statistik yang cukup apik selama delapan tahun berseragam Timnas Prancis pada 2007 hingga 2015. Total dia membukukan 27 gol dari 81 penampilan dalam berbagai ajang.

Tanggal 8 Oktober 2015 sempat menjadi momen terakhirnya berseragam Prancis. Di pertandingan itu, dia mencetak dua gol saat membawa Prancis menang 4-0 atas Armenia di laga persahabatan. Setelah itu, petaka terjadi buatnya.

Pada 4 November 2015, Benzema ditangkap oleh pihak kepolisian Prancis karena diduga terlibat pemerasan sesama pemain Timnas Prancis, Mathieu Valbuena, atas dugaan skandal video syur.

Situasi itu kurang menguntungkan buat Benzema karena mendapat banyak kecaman. Beberapa tokoh Prancis juga menyebutkan perilakunya itu tidak pantas membuatnya mengenakan seragam Timnas Prancis lagi.

Benzema juga terancam hukuman lima tahun penjara jika terbukti terlibat dalam kasus tersebut. Kasus itu masuk ke ranah hukum setelah Valbuena melaporkan telah diperas beberapa oknum agar kerahasiaan video tersebut terjaga.

Sebulan setelahnya, atau pada 10 Desember 2015, Presiden FFF (Federasi Sepak Bola Prancis) saat itu, Noel Le Graet mengumumkan penangguhan Benzema dari tim Prancis sampai waktu yang tidak ditentukan.

Benzema merespons ungkapan Noel Le Graet itu dengan permohonan untuk membela timnas negara lain. Tapi, tentu saja itu tidak bisa dilakukannya karena FIFA melarang pemain yang sudah berpindah timnas setelah tampil sekali bersama timnas lainnya.

Berulang kali Karim Benzema membantah tuduhan yang menimpanya itu. Sampai akhirnya, striker berpostur 185 cm itu memang tak terbukti bersalah. Tapi, kariernya bersama Timnas Prancis saat itu dianggap telah berakhir.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Statistik Karim Benzema

Di level klub, performa Karim Benzema justru kian moncer. Setelah kasus itu, dia bahkan membawa Real Madrid tiga kali berturut-turut menjuarai Liga Champions pada 2015-2016, 2016-2017, dan 2017-2018.

Berulang kali beberapa pihak mendesak kepada Didier Deschamps, pelatih Timnas Prancis, untuk memasukkan kembali Benzema ke dalam skuat. Termasuk Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid, yang merupakan rekan Deschamps saat menjuarai Piala Dunia 1998.

Sayang, performa di level klub itu tidak berdampak bagi Benzema. Dia terpaksa hanya menjadi penonton saat Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia.

Deschamps akhirnya memanggil Benzema lagi untuk berkompetisi di Euro 2020. Sang ujung tombak kemudian menjalani dua pertandingan persahabatan melawan Wales (2/6/2021) dan Bulgaria (8/6/2021).

Di dua laga itu, Prancis mampu memetik kemenangan dengan skor identik 3-0. Tapi, Benzema masih belum membuka rekening gol lagi.

Hal yang sama terjadi saat dia tampil selama 89 menit melawan Jerman semalam. Prancis memang menang 1-0 di laga itu, tapi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini adalah hasil bunuh diri bek Jerman Mats Hummels.   

Dikutip dari situs UEFA, Benzema tak banyak memberi kontribusi signifikan selama 89 menit di atas lapangan. Dia hanya berhasil melepas satu tembakan dan tidak melahirkan gol. Lalu, sebanyak 25 umpan berhasil dicatatkan dari 32 umpan yang dilepaskannya.

Video Populer

Foto Populer